Menanti Realisasi Rumah Sakit Internasional Milik BUMN di Bali

Dicky Christanto W.D
19 Juni 2022, 21:00
Menanti Realisasi Rumah Sakit Internasional Milik BUMN di Bali
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri), Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo (kanan) dan Direktur Utama PT Pertamina Bina Medika IHC Fathema Djan R (tengah) berbincang di sela-sela acara 1st Indonesia Healthcare Corporation Medical Forum di Jakarta, Senin (10/2/2020). Dalam sambutannya Menteri BUMN Erick Thohir ingin memastikan konsolidasi rumah sakit BUMN dan konsolidasi BUMN farmasi bisa menjadi benteng pertahanan Indonesia dalam bidang ketahanan kesehatan.

Menteri BUMN Erick Thohir pada akhir Maret lalu mengecek kemajuan proses pembangunan Rumah Sakit Internasional milik perusahaan negara di Bali.

Berbagai kemajuan terlihat sejak peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo akhir tahun lalu.

Bentuk infrastruktur dasar dari bangunan rumah sakit dan kawasan sudah mulai terlihat. Bangunan Rumah Sakit Internasional Bali terletak di kawasan Sanur, Denpasar.

Erick menyatakan bahwa pembangunan rumah sakit tersebut mempunyai dua tujuan, yaitu memperkenalkan Bali sebagai salah satu destinasi wisata kesehatan, dan juga sebagai sarana pendukung kesehatan berkualitas premium.

Kementerian BUMN telah membentuk satu holding baru di bidang kesehatan, yang dipimpin oleh Bio farma dan beranggotakan Kimia Farma, Indofarma dan PT Pertamina Bina Medika IHC (Indonesia Healthcare Corporation).

Dana yang dibutuhkan untuk pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Kesehatan di atas tanah seluas 50.000 km persegi ini sebesar Rp1,7 triliun. Keseluruhan proyek diharapkan akan selesai pada 2023.

Penunjukan Bio Farma sebagai pemimpin holding bisa dilihat sebagai wujud apresiasi sekaligus kepercayaan pemerintah. Sebab holding kesehatan ini kesehatan mampu mencatat pertumbuhan laba positif. Bio Farma mengantongi laba bersih Rp1,93 triliun sepanjang 2021 atau tumbuh 567,89 persen dibandingkan kinerja pada 2020.

Sementara Kimia Farma mendapatkan laba Rp302 miliar padaI 2021, jauh lebih tinggi dibandingi 2020 sebesar Rp17,6 miliar. Kemudian IHC, dari yang labanya hanya Rp170 miliar pada kuartal III-2020, pada kuartal III-2021 berhasil meraih laba Rp 606 miliar atau naik 71,95 persen.

Hanya Indofarma yang sepanjang  2021 masih mengantongi kerugian bersih Rp 37,58 miliar. Pada 2020, emiten berkode INAF ini masih mencetak laba Rp27,58 juta.

Bidik Wisata Kesehatan
Inisiatif pembangunan ini merupakan tindak lanjut dari keprihatinan yang diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo saat peletakan batu pertama dulu.

Jokowi mengungkapkan Indonesia berpotensi kehilangan Rp97 triliun akibat dari dua juta lebih warganya mencari perawatan medis di luar negeri.

Masyarakat Indonesia mencari berbagai macam perawatan kesehatan, seperti pengecekan kondisi medis, perawatan tulang dan gigi, perawatan estetik non-medis hingga perawatan sakit kritis.

Berdasarkan riset Deloitte, pada 2019, sekitar 750 ribu warga Indonesia pergi ke Singapura untuk berobat dan mencari perawatan. Pada kesempatan yang sama, 1 juta orang, kebanyakan berangkat dari Medan, Sumatera Utara, pergi berobat ke Malaysia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...