Teknologi Cloud-Native Alibaba Permudah Bisnis Ritel pada Masa Pandemi

Alibaba Cloud menghadirkan teknologi berbasis cloud guna mendukung bisnis ritel dalam menghadapi tantangan pandemi Covid-19.
Image title
Oleh Alfons Yoshio - Tim Riset dan Publikasi
27 Januari 2021, 14:16
Leon Chen, General Manager of Singapore and Indonesia, Alibaba Cloud menyampaikan sambutan dalam peluncuran data center kedua Alibaba Cloud di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (9/1).
Maverick
Leon Chen, General Manager of Singapore and Indonesia, Alibaba Cloud menyampaikan sambutan dalam peluncuran data center kedua Alibaba Cloud di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (9/1).

Pandemi Covid-19 memberikan pukulan keras terhadap proses bisnis di beragam sektor. Namun demikian, hal ini juga menjadi peluang bagi usaha bisnis ritel untuk meninjau kembali strategi terkait transformasi digital. Dewasa ini, rangkaian teknologi berbasis cloud menjadi solusi yang dapat membantu usaha dalam membangun relasi yang lebih baik dengan konsumen terlebih di tengah krisis pandemi.

Dari prespektif operasional, solusi bebasis cloud dapat menyediakan layanan komputasi serta data analytics yang kokoh, dengan biaya yang lebih efisien dengan tetap memprioritaskan keamanan digital. Selain itu, pemanfaatan teknologi ini juga memungkinkan bisnis ritel mendapatkan berbagai insight berbasis data seperti tren dan minat pengguna, sehingga mampu menciptakan strategi bisnis yang tepat sasaran dan tepat guna. 

Sebagai upaya untuk mempercepat laju transformasi digital bagi usaha bisnis ritel, Alibaba Cloud selama bertahun-tahun menghadirkan rangkaian solusi teknologi terkemuka di Indonesia. Alibaba Cloud, tulang punggung teknologi dan inteligensi digital Alibaba Group, menawarkan solusi yang beragam mulai dari cloud-native database, data warehouse platform, container, keamanan digital hingga solusi industri seperti layanan livestreaming untuk situs-situs e-commerce.

“Jajaran produk database dari Alibaba Cloud telah terbukti efektif mendukung operasional sehari-hari ekosistem Alibaba Group serta berbagai kegiatan akbar Alibaba seperti Festival Belanja Global 11.11. Misi kami di tahun ini adalah memperkenalkan lebih banyak lagi teknologi di Indonesia serta menghadirkan rangkaian solusi industri agar para pelanggan dapat berjaya meski di tengah pandemi,” ujar Leon Chen, General Manager Alibaba Cloud Intelligence Indonesia.

Festival Belanja Global 11.11 yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Alibaba Group merupakan gelaran terbesar yang mempertunjukkan kekuatan dari teknologi Alibaba Cloud. Gelaran festival belanja ini menjadi pembuktian bagi mereka dalam mengerjakan tugas terberatnya. Melalui kehadiran infrastruktur digital yang kokoh serta mampu beroperasi secara non-stop dan teknologi cloud-native, efisiensi dan pengalaman mulus bagi para konsumen terjamin.

Berkat rangkaian teknologi termutakhir dari Alibaba Cloud, festival belanja terbesar di dunia teranyar sukses mencatatkan nilai total transaksi Rp 790 triliun atau sekitar USD 74,1 miliar dalam gross merchandise volume (GMV) dalam waktu 11 hari. Tepat di puncak acara, tanggal 11 November 2020 dini hari, pesanan yang masuk mencapai 583 ribu/detik. Angka ini 1.400 kali lebih banyak dari jumlah pesanan pada kali pertama Festival Belanja Global 11.11, 12 tahun yang lalu.  

Di Indonesia, Alibaba Cloud juga telah mendatangkan serangkaian teknologi cloud-native sebagai upaya mendukung usaha kecil dan menengah (UKM) sehingga dapat beroperasi secara lebih efisien selama proses transformasi digital. Inisiatif ini juga ditujukan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan terhadap  adopsi cloud yang semakin meningkat.

Menurut survei terbaru Alibaba Cloud, selama pandemi sebesar 93 persen perusahaan di Indonesia memanfaatkan lebih banyak solusi teknologi informasi berbasis cloud. Angka ini yang paling besar dibanding negara-negara lain di Asia. Lebih lanjut, 93 persen perusahaan di Indonesia juga percaya bahwa teknologi cloud atau upaya digitalisasi sangat membantu untuk menjalankan operasional perusahaan selama pandemi Covid-19.  

Alibaba Cloud juga menyuguhkan layanan keamanan digital berbasis cloud untuk memastikan para pelanggan menjalankan bisnis dengan lancar di masa-masa pandemi. Hasil survei yang sama juga menunjukkan, 57 persen perusahaan di Indonesia sepakat bahwa sertifikat kompetensi keamanan menjadi faktor terpenting dalam memilih layanan penyedia cloud. Fakta ini turut mengukuhkan betapa pentingnya keamanan digital atau cyber security bagi perusahaan yang tengah melakukan migrasi digital.

Melalui serangkaian teknologi terkemuka, Alibaba Cloud melayani berbagai perusahaan ritel di Indonesia selama bertahun-tahun. Salah satunya adalah Kopi Kenangan yang merupakan peritel kopi ternama di Indonesia.

Berawal sebagai gerai kopi pada 2017, Kopi Kenangan berkembang kian cepat. Pada Juni 2020, 345 cabang mereka tersebar di berbagai wilayan di Indonesia. Salah satu pendorong utama ekspansi besar-besaran bisa mereka lakukan adalah peningkatan transaksi digital yang mereka alami. Oleh karena itu, model operasi Offline to Online (O2O) diadopsi untuk memberikan pengalaman personalisasi bagi tiap pelanggannya.

Dalam upaya mendukung akselerasi transformasi digital, Alibaba Cloud menawarkan berbagai layanan cloud-native yang didesain khusus bagi Kopi Kenangan.  Proses migrasi aplikasi Kopi Kenangan dilakukan dalam waktu satu minggu tanpa gangguan pada operasi bisnis. Selain itu, berbagai solusi inteligensi bisnis khusus dibuat untuk mereka dengan berbasiskan analitik waktu nyata (real-time). Pengaturan ini mendukung integrasi dan pengalaman pelanggan yang mulus antara platform online dan offline.

Kopi Kenangan mengadopsi solusi cloud-native yang dikembangkan oleh Alibaba Cloud seperti database AnalyticDB untuk proses data yang kokoh. Alibaba Cloud juga memberikan solusi Auto Scaling yang memungkinkan Kopi Kenangan untuk secara elastis menskalakan sumber daya cloud-nya dengan permintaan pelanggan. Sementara itu, layanan Container Service for Kubernetes (ACK) dimanfaatkan oleh Kopi Kenangan untuk mengelola infrastruktur container dengan lebih baik.

Melalui ragam solusi berbasis digital yang komprehensif dari Alibaba Cloud, kini Kopi Kenangan mampu mengelola infrastruktur cloud dengan biaya yang hemat dan mampu melahirkan serangkaian strategi yang berasal dari insight serta tren para konsumennya.      

Untuk informasi lebih lanjut mengenai solusi teknologi dan digital yang ditawarkan Alibaba Cloud, Anda dapat mengunjungi tautan Alibaba Cloud.

Video Pilihan

Artikel Terkait