Tips Berbelanja Saat Ramadan Agar Kantong Tidak Bolong

Berbelanja saat Ramadan akan lebih efektif jika dilakukan melalui tahap-tahapan yang benar
Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Riset dan Publikasi
18 Maret 2022, 17:43
Belanja Ramadan
Blibli.com
Ilustrasi Blibli

Saat bulan suci Ramadan, alangkah baiknya jika Anda bisa fokus untuk beribadah. Namun, berbagai distraksi seperti mempersiapkan kebutuhan sahur dan buka puasa atau berbelanja parsel atau hadiah untuk kerabat dan kenalan berisiko menyita perhatian.

Supaya tidak terganggu dengan berbagai urusan tersebut, sangat penting bagi Anda untuk mempersiapkan diri sejak awal. Bukan hanya lebih tenang, Anda pun bisa lebih hemat karena berbelanja pada momen Ramadhan Sale di Blibli.

Lalu, apa saja tips yang sebaiknya diterapkan saat berbelanja ketika Ramadan agar kantong tetap aman?

1. Berbelanja Bahan Segar Secukupnya
Karena bersemangat menghadapi bulan Ramadan, ada yang menyetok bahan makanan dalam jumlah yang banyak. Tujuannya supaya kebutuhan sahur dan buka puasa tercukupi. Namun, karena terlalu banyak, sering kali bahan makanan tersebut tidak terpakai dan hanya terbuang begitu saja.

Supaya dapat menghindari hal ini, Anda disarankan untuk berbelanja bahan segar secukupnya. Jangan terlalu banyak membeli sayur-sayuran maupun buah-buahan karena tidak tahan lama. Ini pengecualian bagi makanan yang bisa disimpan di dalam freezer.

2. Buat Daftar Menu Sahur dan Buka Puasa
Langkah yang tidak kalah penting dilakukan sebelum berbelanja adalah mencatat barang yang akan dibeli. Sering kali karena tidak ada catatan yang jelas, Anda justru membeli sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Strategi yang perlu dilakukan adalah membuat daftar menu sahur dan buka puasa terlebih dulu. Carilah ide menu di YouTube dan kombinasikan dengan resep favorit Anda sehari-hari. Setelah itu, tulis bahan yang dibutuhkan dan jumlahnya. Daftar inilah yang menjadi panduan Anda untuk berbelanja dengan hemat.

3. Lengkapi Kebutuhan Bulanan Sejak Awal
Berbeda dengan kebutuhan sehari-hari, ada pula yang termasuk dalam kelompok kebutuhan bulanan. Jenis kebutuhan ini misalnya alat kebersihan, makanan tahan lama seperti biskuit, dan berbagai kebutuhan pribadi lainnya. Biasanya, barang-barang ini bisa disimpan jika tidak habis digunakan.

Anda disarankan untuk berbelanja kebutuhan bulanan sebelum Ramadan. Alasannya supaya tidak terganggu dengan kegiatan berbelanja ketika Ramadan tiba. Selain itu, berbelanja saat puasa juga kurang nyaman karena tubuh sedang kekurangan energi. Alasan lainnya karena ada banyak promo yang bisa Anda manfaatkan seperti yang ditawarkan Blibli.

4. Jangan Mudah Tergiur Jika Bukan Kebutuhan
Menjelang Ramadan atau pun selama bulan tersebut, biasanya akan ada banyak tawaran produk diskon. Mulai pakaian, peralatan rumah tangga, hingga alat elektronik. Karena sedang promo, harganya pasti lebih miring sehingga Anda merasa rugi jika melewatkannya.

Sebelum pengeluaran membengkak karena membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan, buatlah daftar barang yang benar-benar penting. Tentukan prioritas barang yang harus segera dibeli dan barang yang bisa ditunda untuk dibeli.

Anda akan lebih bijak dan hemat apabila berbelanja dengan berpatokan pada daftar tersebut. Meskipun murah, sadari terlebih dulu fungsi membeli sesuatu sebelum tergiur dengan harganya.

5. Buat Jadwal Belanja
Sebagian orang berbelanja karena ingin, bukan karena butuh. Cara berbelanja pun lebih bersifat impulsif atau tidak melewati pertimbangan matang. Akibatnya, penyesalan timbul usai berbelanja. Barang yang dibeli pun akhirnya tidak digunakan secara maksimal.

Untuk mengontrol kebiasaan impulsif saat berbelanja, Anda bisa mencoba trik sederhana, yaitu membuat jadwal belanja. Hal ini bisa diterapkan saat berbelanja bulanan maupun belanja mingguan. Sebelum jadwalnya tiba, jangan terpicu untuk berbelanja, apalagi kalau hanya sekadar keinginan.

6. Cari Alternatif Barang Murah
Supaya kantong tidak bolong, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membeli barang kebutuhan dengan harga yang lebih murah. Strateginya rajin mencari toko atau marketplace yang sering menawarkan diskon atau promo.

Apabila ada dua produk berbeda dengan harga yang jauh berbeda padahal fungsi dan kualitasnya hampir sama, pilihlah yang lebih murah. Tindakan ini menjadi salah satu cara untuk menekan pengeluaran tanpa harus mengorbankan kebutuhan.

7. Buat Parsel dan Hampers Sendiri dengan Kreatif
Salah satu kebiasaan masyarakat menjelang hari raya adalah mengirim parsel dan hampers kepada kenalan atau kerabatnya. Biayanya bervariasi tergantung pada isi parsel atau hampers tersebut.

Nah, Anda bisa menekan bujet untuk kebutuhan ini jika membuatnya sendiri, bukan membeli paket yang sudah jadi. Caranya sangat mudah, yaitu membeli isi parsel dan hampers terlebih dahulu, kemudian baru membungkusnya. Dengan kreativitas, parsel dan hampers buatan sendiri itu tidak kalah menawan.

8. Cermat Sebelum Membeli
Tips lainnya yang perlu Anda terapkan saat berbelanja untuk kebutuhan Ramadan adalah selalu cermat saat membeli sesuatu. Hal ini terkait dengan material barang tersebut, ukuran yang diperlukan, dan berbagai detail lainnya. Jangan sampai Anda membeli pakaian untuk kebutuhan Lebaran, tetapi tidak bisa digunakan karena ukuran tidak sesuai.

Karena itu, jangan terburu-buru untuk checkout ketika sedang membeli sesuatu. Dengan pertimbangan dan pengecekan yang detail, hasil belanja pun pastinya akan lebih memuaskan.

Kesimpulannya, berbelanja saat Ramadan akan lebih efektif jika dilakukan melalui tahap-tahap yang benar. Bukan hanya mendapatkan barang yang sesuai kebutuhan, biaya yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait