Chaikal Nuryakin Mengenali Karakteristik Nasabah Premium

Chaikal Nuryakin sajikan Stability of Banking System and Behavioral Economics Approach: A Case of Indonesia's Prime Depositors.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata
21 September 2018, 15:51
LPS Research Fair 2018
Katadata

Chaikal Nuryakin adalah doktor ekonomi dari Institute for Policy Studies, Tokyo, Jepang pada 2015 yang kini mengajar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI). Ia juga Deputi Program untuk master ekonomi bidang Perencanaan dan Kebijakan Publik UI. Penelitiannya untuk LPS Call for Research berjudul Stability of Banking System and Behavioral Economics Approach: A Case of  Indonesia's Prime Depositors. Penelitian dilakukan bersama Natanael Waraney Gerald Massie, yang merupakan sejawat di Universitas Indonesia.

Penelitian dengan pendekatan perilaku ekonomi belum pernah digunakan di Indonesia, tetapi sudah marak dipraktikkan di luar negeri. Pendekatan tersebut mengukur atau menganalisis kestabilan industri perbankan terutama menyangkut kemungkinan bank-run atau penarikan dana dari bank secara signifikan. “Hasil penelitian dapat digunakan bagi otoritas untuk setidaknya memberi fokus pada identifikasi atau mengenali karakteristik-karateristik individu dari nasabah premium,” papar Chaikal. Termasuk sensitifitas nasabah terhadap guncangan dalam perekonomian.

Dalam penelitian ini tantangan terbesarnya adalah mendapatkan nasabah premium sebagai responden. “Boleh dibilang tidak ada statistik nasabah ini tersedia dalam data BPS atau data-data lainnya,” ungkap Chaikal. Bahkan mungkin data tersebut tidak pernah secara representatif ditemukan dalam data-data sekunder terbitan BPS dan lainnya

Chaikal yang kini merupakan peneliti LPEM FEB-UI sudah menggeluti dunia riset sejak 2005 dan menghasilkan sekitar 20 penelitian sepanjang karirnya. Kebanyakan hasil penelitiannya adalah soal perilaku ekonomi, ekonomi moneter, keuangan dan perbankan, serta Econometrics dan Modeling. Sejumlah lembaga seperti Bappenas, Bulog, hingga Bank Indonesia mempercayakan beberapa penelitiannya pada Chaikal.

 Di antara penelitian Chaikal yang terbaru adalah Biaya Pendidikan di Indonesia yang dilakukan pada 2017.  Pada tahun yang sama Chaikal juga meneliti The Impact of Piracy to Indonesia Film Industry, The Impact of ICT to Indonesia Firms’ Performance, dan Mapping Indonesia Human Resource 2030.  Empat penelitian ini didukung LPEM FEB UI dan LPDP. Pada 2016, penelitian tentang perilaku nasabah premium diterbitkan dengan judul, “When Prime Depositors Run on the Banks: A Behavioral Approach.”

Menurut Chaikal, yang menyelesaikan masternya di Institute for Policy Studies, GRIPS, Tokyo pada 2011 ini, penelitian adalah bagian utama dari institusi publik yang bertujuan untuk mengoptimalkan kesejahteraan agen ekonomi. “Tentu saja kegiatan ini bagian dari fungsi utama LPS untuk terus memperoleh informasi dari stakeholders tentang faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam pengambilan kebijakan,” kata Chaikal menanggapi event yang digelar LPS untuk para peneliti ini.

Chaikal aktif menulis jurnal dan artikel ekonomi di media massa. Bersama Milda Irhamni Chaikal menulis Rice Import Liberalization and Rural Poor: Case study of Pedes Sub-district, Karawang Regency, West Java; 'Trade and Poverty Reduction in the Asia Pacific Region', Universitas Cambridge, December 2009. Tulisannya bertajuk Deposit Market Concentration and Interest Rate, juga pernah dimuat di The Jakarta Post, edisi 25 Pebruari 2016.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait