LPS Research Fair: Lina Nugraha Tertantang Mencari Responden Bankir

Lina Nugraha Rani dan tim menyajikan riset tentang Manakah Indikator Terpenting Stabilitas Sistem Keuangan-Aplikasi Metode Analytic Network Process.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
21 September 2018, 10:20
Lina Nugraha Rani
Katadata/Istimewa
Lina Nugraha Rani, SE., M.SEI.

Dalam lomba penelitian yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS),  Lina Nugraha Rani, SE., M.SEI, dan timnya menyajikan riset tentang Manakah Indikator Terpenting Stabilitas Sistem Keuangan-Aplikasi Metode Analytic Network Process. Menurut Lina, dua tantangan terbesar dalam penelitian ini adalah terhubung dengan otoritas keuangan serta mencari responden yang merupakan para pimpinan perbankan. Tidak setiap pimpinan perbankan yang ditemui tim peneliti bersedia menjadi responden. “Banyak alasannya, termasuk takut memberikan pernyataan yang dianggap salah,” ungkap Lina.  Toh, akhirnya Lina dan tim sukses mewawancari para bankir di tengah kesibukan mereka.

Harapannya, hasil penelitian ini bisa menyambungkan suara para pimpinan perbankan dengan LPS dan otoritas lainnya. “Artinya, suara para bankir bisa menjadi masukan untuk pembuatan kebijakan terkait stabilitas sistem keuangan,” kata Lina. Sebaliknya jika ada presepsi bankir yang tidak pas atas kebijakan stabilitas sistem keuangan yang telah ada, bisa kembali diluruskan. 

Lulusan master bidang Islamic Economic Science Universitas Airlangga (Unair) ini sebelumnya memiliki banyak pengalaman penelitian di bidang perbankan. Sepanjang 2016, pengajar muda Fakultas Ekonomi Bisnis Unair ini melakukan sejumlah riset, yaitu Analisis Perbandingan Kualitas Pembiayaan Bank Syariah dengan Bank Konvensional di Indonesia, Efisiensi Kinerja Keuangan Unit Usaha Syariah Bank Pembangunan Daerah di Sumatera dan Jawa Pusat, dan Analisis Faktor Eksternal dan Internal Perbankan Syariah terhadap Likuiditas Perbankan Syariah di Indonesia.

Lina juga aktif mempublikasikan jurnal di sejumlah universitas. Salah satu yang telah dipublikasikan adalah The Granger Causality Analyisis for Determinant of Non Performing Financing (NPF) in Indonesian Islamic Banking (The Indonesian Case from 2003M01 to 2013.M03) di Jurnal Ekonomi Syariah  Universitas Airlangga.  Dalam jurnal lain, bertajuk Analisis perbandingan kualitas pembiayaan bank syariah dengan bank konvensional di Indonesia periode Januari 2003 – Oktober 2015 yang dipublikasikan oleh UII, Lina menguraikan faktor – faktor yang mempengaruhi pembiayaan bermasalah, antara lain faktor eksternal perbankan seperti kinerja perekonomian, inflasi, dan terjadinya krisis keuangan global. Adapun faktor internal perbankan, yaitu pembiayaan dan tingkat pengembalian pembiayaan.

 

Tulisannya tentang layanan perbankan, transaksi antar individu, dan investasi, terutama dalam perspektif syariah, banyak dimuat di Tabloid Nurani. Tulisan Lina menyajikan praktik-praktik transaksi sehari-hari dipandang dari sisi hukum ekonomi Islam, seperti Hukum Umrah Murah Dua Tahun Lagi,  Unsur Riba Koperasi Simpan Pinjam, atau Bolehkah Memilih Bank Konvensional karena Bank Syariah Jauh.

Lina didukung sejumlah peneliti dalam risetnya tentang Manakah Faktor Terpenting dalam Stabilitas Sistem Keuangan, yaitu Fatin Fadhilah Hasib, SEI, M.Si yang juga punya segudang pengalaman riset. Setidaknya ada lima kali penelitian yang telah dilakukan, termasuk tentang Implikasi Manajemen Risiko terhadap Pemilihan Akad Pembiayaan Kepemilikan Rumah Pada Perbankan Syariah di Surabaya. Dalam lima tahun terakhir Fatin menerbitkan tujuh artikel dalam berbagai jurnal dan tiga buah modul akademis. Pada 2016 Fatin menulis modul akademis berjudul Islamic Service Management : A New Paradigm.

Sosok berikutnya dalam tim adalah Aam Slamet Rusydiana yang kini menjabat sebagai Executive Director of Shariah economic Applied Research and Training (SMART) Consulting. Aam menggeluti berbagai bidang penelitian sejak 2007 dan hingga kini sudah menyelesaikan hampir 20 riset.  Lebih dari 30 artikel, terutama terkait ekonomi syariah bertebaran di berbagai jurnal. Aam juga terlibat dalam penulisan dua buah buku,  yaitu Ekonomi Islam Substantif terbitan GP Press dan LPPM Tazkia, serta buku kedua berjudul  Memahami Realitas Sosial Keagamaan.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait