LPS Research Fair: Deddy Koesrindartoto Peneliti Pengajar Terbaik ITB

Deddy P. Koesrindartoto Ph.D menampilkan penelitian bertajuk Explicit Deposit Insurance Scheme and Its Influence on Banking System Stability in Indonesia.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
21 September 2018, 10:03
deddy p koesrin
Katadata/Istimewa

Deddy P. Koesrindartoto Ph.D mewakili  Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung menampilkan penelitian bertajuk Explicit Deposit Insurance Scheme and Its Influence on Banking System Stability in Indonesia. Penelitian itu dilakukan bersama Abdurrohman Arroisi dan Mutiara Aini dalam rangka mengikuti “LPS Call For Research

Deddy merupakan Asisten Professor Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB sekaligus Sekretaris Komisi I Akademi Senat ITB. Lulusan Iowa State University, untuk  gelar doktoral  Economics with a minor in Statistics, adalah peraih pengajar terbaik ITB 2017. Pendidikan masternya dalam bidang teknik industri juga diselesaikan di universitas yang sama. Saat ini Deddy menjabat Kepala Pasar Modal dan Laboratorium Investasi dan Kepala Pusat Perdagangan Keuangan Kresna - SBM ITB. 

Pada 2016 Deddy meraih makalah terbaik bidang investasi keuangan dan manajemen risiko dalam sebuah konferensi internasional tentang Management and Emerging Markets di Bali. Tahun sebelumnya, dosen dengan bidang keahlian Risiko Bisnis dan Keuangan  ini menyabet penghargaan Inovasi ITB. Ia juga mendapat penghargaan paper terbaik bidang keuangan dalam Konferensi Riset Internasional ke-2 tentang Bisnis dan Ekonomi yang digelar di Fakultas Ekonomi Bisnis FEB Universitas Diponegoro.  

Bidang keuangan korporat, manajemen investasi, pasar modal, statistik untuk bisnis, sistem adaptif kompleks, ekonomi mikro, dan ekonomi makro adalah beberapa mata kuliah yang dipegang Deddy. Ulasannya tentang Reversal on disposition effect, yang mendasarkan pada perilaku pedagang saham Indonesia, dipublikasikan tahun ini di International Journal of Business and Society. Selain itu, ada 25 tulisan  lain yang telah dipublikasikan melalui berbagai jurnal.  

Sebelum bergabung dengan SBM ITB pada 2005, Deddy adalah Anggota Peneliti di Pusat Keuangan Komputasi dan Agen Ekonomi (CCFEA) di Universitas Essex, Inggris. Dia menghabiskan tiga tahun bekerja untuk industri jasa energi sebelum mengejar studi pascasarjana. 

Deddy menjadi konsultan untuk Bank Dunia, Departemen Keuangan, BAPPENAS, Bank Pembangunan Islam, Komite Pengawas Persiangan Usaha KPPU, Australian Indonesia Partnertship for Economic Governance AIPE, Dewan Nasional Perubahan Iklim  DNPI, Boston Consulting Group, dan beberapa perusahaan swasta lainnya. 

Lebih dari 20 riset telah dilakukan sejak tahun 2000-an. Termasuk menjadi team leader dalam penelitian Development of SBN Online (2017) dan Analysis the Liquidity of Indonesia Government Bond (2014) yang disponsori oleh Kementerian Keuangan. Bidang penelitian yang digeluti Deddy adalah keuangan, perilaku keuangan, mikro ekonomi terapan, industri perbankan dan stabilitas keuangan, mikrostruktur pasar, big data manalytics, fintech, dan lain-lain. 

Dalam penelitian “LPS Call For Research kali ini, Deddy berkolaborasi dengan Abdurrohman Arroisi dan Mutiara Aini. Abdurrohman Arroisi  pernah aktif  sebagai asisten dosen di Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, ITB dan berpengalaman sebagai anggota tim peneliti untuk pengembangan modul pelatihan di PT Guteg Harindo. Dalam penelitian tersebut tim Abdurrohman  menghasilkan manual tentang kapasitas jalan raya baik jalan dalam kota dan antarkota untuk digunakan sebagai bahan  pelatihan para pejabat Kementerian Pekerjaan Umum di seluruh Indonesia.  

Peneliti berikutnya dalam tim ini adalah Mutiara Aini, S.Si yang pada 2015 menjadi juara ketiga kompetisi riset bidang sistem stabilitas keuangan. Mutiara juga merupakan alumni ITB, jurusan matematika.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait