Kolaborasi Bank DBS dengan KSBSI Bantu Pekerja Harian Hadapi Pandemi

Pandemi Covid-19 yang datang secara tiba-tiba telah berdampak masif terhadap perekonomian Indonesia.
Image title
Diproduksi oleh Tim Publikasi Katadata
11 September 2020, 08:43
Praxis - DBS Bantu Para Pekerja Harian Lepas Hadapi Pandemi
Katadata

Data Kementerian Tenaga Kerja menunjukkan bahwa dari Maret-Juli 2020 sebanyak lebih dari 2 juta pekerja harian lepas terkena pemutusan hubungan kerja (PHK)  maupun dirumahkan tanpa penghasilan.

Para pekerja harian lepas harus mencari alternatif dalam memikul beban berat biaya hidup di wilayah perkotaan yang tinggi. Pilihan untuk pulang ke kampung halaman yang biaya hidupnya lebih rendah tidak lagi bisa dilakukan karena banyak pemerintah daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) sebagai sebuah konfederasi yang menaungi ribuan pekerja harian lepas dari berbagai industri di seluruh Indonesia tentu mulai bergerak aktif memberi advokasi kepada para anggotanya. KSBSI memastikan hak-hak pekerja harian lepas tetap terpenuhi sesuai dengan undang-undang walaupun situasi sedang sulit untuk semuanya. Tidak hanya advokasi, KSBSI juga aktif membantu para pekerja harian lepas yang terdampak dengan berbagai pelatihan keterampilan dan distribusi bahan pangan untuk membantu meringankan beban kebutuhan hidup.

Bank DBS Indonesia melihat peran KSBSI begitu proaktif dalam melakukan advokasi dan memberi bantuan untuk meringankan beban para pekerja harian lepas yang terdampak pandemi. Hal inilah yang kemudian melatar belakangi kolaborasi antara Bank DBS Indonesia dengan KSBSI untuk menyalurkan donasi Stronger Together Fund kepada para pekerja harian lepas. Donasi dari Bank DBS Indonesia tersebut akan disalurkan kepada para pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja.  

KSBSI menyambut hangat kolaborasi ini, “Sebelum ini kami tidak terlalu mengenal Bank DBS dan kenapa DBS mau membantu. Kemudian kami jadi cari tahu, sampai buat kuis bagi anggota supaya lebih kenal dengan DBS. Ini baru pertama sekali organisasi kami bekerjasama dengan sebuah Bank untuk kegiatan kemanusiaan disaat buruh menghadapi kesulitan. Saya sampai mendapat kiriman foto booth DBS di mall dari anggota yang mengenal DBS sebagai Lembaga yang turut membantu kita. Kini mereka menjadi sayang sama DBS.” ujarnya.

Kerja sama Bank DBS Indonesia dengan berbagai kalangan diharapkan mendorong semakin banyak elemen bangsa ikut membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia, Paulus Sutisna mengatakan, semangat DBS Group, yakni ‘Stronger Together’ diterjemahkan ke dalam bentuk donasi dan berbagi untuk mengurangi dampak pandemi COVID-19.

“Oleh karena itu, mari kita bersama-sama menyalurkan bantuan kepada pekerja harian lepas yang menghadapi tantangan berat selama pandemi COVID-19 ini,” ujar Paulus. 

Elly Rosita atas nama KSBSI yang mewakili anggotanya di 24 provinsi beserta anggota keluarganya menyatakan terima kasih atas dukungan dan bantuan dari Bank DBS Indonesia tersebut. ”Karena ‘bersama itu kuat’  bantuan tersebut membuat mereka tetap sehat dan bertahan. Doa mereka akan mengalir kepada Anda semua,” katanya seraya berharap pandemi Covid-19 di Tanah Air bisa segera berlalu sehingga semua masyarakat bisa kembali ke kehidupan normal.

Penulis: Tim Publikasi Katadata

Video Pilihan

Artikel Terkait