Care Package, Upaya Bank DBS Lindungi Kesehatan Karyawan dan Nasabah

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
22 Oktober 2020, 09:59
DBS
Katadata

Pada fase adaptasi kebiasaan baru, industri perbankan terus mengoptimalkan kinerjanya. Dalam mendorong pertumbuhan kinerjanya, perbankan terus mengembangkan berbagai layanan yang memudahkan nasabah.

Kendati sedang dalam kondisi yang menantang ini, Bank DBS Indonesia berhasil mendapatkan tiga penghargaan di kancah internasional. Tiga penghargaan yang membanggakan tersebut adalah peringkat kedua The World's Best Banks 2020 di Indonesia versi Forbes, Best Sub-custodian Bank di Indonesia oleh Global Finance, dan Bronze Winner dalam kategori Best Use of Content pada PR Asia Awards 2020.

Tak hanya itu, Bank DBS Indonesia juga telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan penyesuaian operasional —terutama dalam hal yang melibatkan keamanan dan kesehatan karyawan.

Produk-produk kesehatan seperti masker, hand sanitizer, dan vitamin menjadi langka di pasar sejak awal pandemi Covid-19 ditetapkan. Kalaupun ada, harganya cenderung mahal. Padahal, produk-produk tersebut diperlukan sebagai perlindungan dasar untuk menjaga kesehatan.

Karyawan merupakan aset paling berharga dan utama bagi Bank DBS Indonesia. Bagi karyawan yang masih harus ke kantor, keselamatan, keamanan dan kenyamanan selama perjalanan hingga saat berada di area kantor menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, Bank DBS Indonesia mendistribusikan ribuan care package kepada seluruh staf di penjuru Indonesia. Selain karyawan bank, care package juga diberikan kepada karyawan alih daya seperti petugas keamanan, petugas kebersihan, dan kurir.

Selain mendistribusikan care package kepada karyawan, Bank DBS Indonesia juga memberi fasilitas kesehatan, salah satunya Bank DBS bekerja sama dengan Rumah Sakit swasta untuk memfasilitasi Rapid Test dan Swab Test Covid-19 bagi karyawan yang terindikasi terpapar Covid-19.

Untuk memastikan kesehatan setiap karyawan tetap terjaga, Bank DBS Indonesia menyediakan platform bernama #LaporSuhu sebagai wadah untuk karyawan agar dapat melaporkan posisi dan suhu tubuhnya dua kali sehari. Data dari platform tersebut kemudian dianalisis untuk melihat pergerakan temperatur karyawan setiap harinya. Apabila terdapat karyawan yang merasa sakit, mereka diizinkan beristirahat di rumah dan melakukan pengobatan bila perlu.

Kemudian ada juga beragam bantuan yang diberikan Bank DBS Indonesia mulai transport (e-voucher taksi), bantuan dana parkir, bantuan data internet, dan jika dibutuhkan paket sembako untuk karyawan yang terdiagnosa positif sehingga membutuhkan bantuan ketersediaan pangan. Bank DBS Indonesia juga memberi tambahan bantuan berupa penambahan dana paket I-Flex Umum (layanan asuransi). Layanan ini dapat digunakan untuk pembelian fasilitas penunjang work from home, seperti layar monitor, kursi kerja dan lainnya serta tambahan cakupan layanan asuransi untuk penderita Covid19.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...