Care Package, Upaya Bank DBS Lindungi Kesehatan Karyawan dan Nasabah

Pada fase adaptasi kebiasaan baru, industri perbankan terus mengoptimalkan kinerjanya.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
22 Oktober 2020, 09:59
DBS
Katadata

Pada fase adaptasi kebiasaan baru, industri perbankan terus mengoptimalkan kinerjanya. Dalam mendorong pertumbuhan kinerjanya, perbankan terus mengembangkan berbagai layanan yang memudahkan nasabah.

Kendati sedang dalam kondisi yang menantang ini, Bank DBS Indonesia berhasil mendapatkan tiga penghargaan di kancah internasional. Tiga penghargaan yang membanggakan tersebut adalah peringkat kedua The World's Best Banks 2020 di Indonesia versi Forbes, Best Sub-custodian Bank di Indonesia oleh Global Finance, dan Bronze Winner dalam kategori Best Use of Content pada PR Asia Awards 2020.

Tak hanya itu, Bank DBS Indonesia juga telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan penyesuaian operasional —terutama dalam hal yang melibatkan keamanan dan kesehatan karyawan.

Produk-produk kesehatan seperti masker, hand sanitizer, dan vitamin menjadi langka di pasar sejak awal pandemi Covid-19 ditetapkan. Kalaupun ada, harganya cenderung mahal. Padahal, produk-produk tersebut diperlukan sebagai perlindungan dasar untuk menjaga kesehatan.

Karyawan merupakan aset paling berharga dan utama bagi Bank DBS Indonesia. Bagi karyawan yang masih harus ke kantor, keselamatan, keamanan dan kenyamanan selama perjalanan hingga saat berada di area kantor menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, Bank DBS Indonesia mendistribusikan ribuan care package kepada seluruh staf di penjuru Indonesia. Selain karyawan bank, care package juga diberikan kepada karyawan alih daya seperti petugas keamanan, petugas kebersihan, dan kurir.

Selain mendistribusikan care package kepada karyawan, Bank DBS Indonesia juga memberi fasilitas kesehatan, salah satunya Bank DBS bekerja sama dengan Rumah Sakit swasta untuk memfasilitasi Rapid Test dan Swab Test Covid-19 bagi karyawan yang terindikasi terpapar Covid-19.

Untuk memastikan kesehatan setiap karyawan tetap terjaga, Bank DBS Indonesia menyediakan platform bernama #LaporSuhu sebagai wadah untuk karyawan agar dapat melaporkan posisi dan suhu tubuhnya dua kali sehari. Data dari platform tersebut kemudian dianalisis untuk melihat pergerakan temperatur karyawan setiap harinya. Apabila terdapat karyawan yang merasa sakit, mereka diizinkan beristirahat di rumah dan melakukan pengobatan bila perlu.

Kemudian ada juga beragam bantuan yang diberikan Bank DBS Indonesia mulai transport (e-voucher taksi), bantuan dana parkir, bantuan data internet, dan jika dibutuhkan paket sembako untuk karyawan yang terdiagnosa positif sehingga membutuhkan bantuan ketersediaan pangan. Bank DBS Indonesia juga memberi tambahan bantuan berupa penambahan dana paket I-Flex Umum (layanan asuransi). Layanan ini dapat digunakan untuk pembelian fasilitas penunjang work from home, seperti layar monitor, kursi kerja dan lainnya serta tambahan cakupan layanan asuransi untuk penderita Covid19.

Unit Corporate Real Estate Bank DBS Indonesia juga memastikan penerapan protokol kesehatan yang ketat di seluruh area kantor. Para karyawan diwajibkan menggunakan masker dan menerapkan physical distancing. Tak hanya memberi tanda pada meja dan kursi yang bisa digunakan, setiap tim juga dibagi menjadi dua dan ditempatkan di area kantor yang berbeda.

Tak hanya itu, dilakukan juga upaya pembersihan area publik dengan menyemprotkan desinfektan secara rutin di seluruh bagian kantor. Bank DBS Indonesia memberi lapisan anti-mikroba pada permukaan ATM, gagang pintu, meja resepsionis, dan permukaan-permukaan lain yang sering disentuh orang agar mencegah virus dan bakteri menempel pada benda-benda tersebut.

Selama pandemi berlangsung, Bank DBS Indonesia juga terus memberi dukungan kepada seluruh karyawan dengan berbagai fasilitas dan layanan. Mulai penyediaan infrastruktur TI yang kuat, pengaturan jam kerja, menerapkan sistem shifting bagi karyawan yang work from home dan work from office, hingga menyediakan makan siang bagi karyawan yang harus bekerja di kantor selama pandemi.

Selain memfasilitasi karyawan yang bekerja di kantor, Bank DBS Indonesia juga tak lupa mendukung dan memfasilitasi karyawan yang bekerja dari rumah. Dalam empat hari, tim IT Desktop dan Aset DBS Indonesia yang hanya beranggotakan 12 orang berhasil menyiapkan 700 laptop pada saat pabrik di Tiongkok telah tutup dan ketersediaan barang pun cukup langka. Mereka dapat mendistribusikannya kepada karyawan yang harus bekerja dari rumah tepat pada waktunya.

Bank DBS Indonesia juga menyadari pentingnya menjaga komunikasi karyawan di tengah banyaknya keterbatasan seperti saat ini. Karenanya, Bank DBS Indonesia membuka berbagai jalur komunikasi, misalnya melalui acara townhall, surat elektronik, hingga fasilitas askHR dengan penggunaan situs Pigeonhole untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari karyawan.

Agar tetap dapat bekerja dengan menyenangkan baik dari kantor maupun di rumah, Bank DBS Indonesia juga mengadakan serangkaian program virtual, yaitu Health talk, Wellness Series, Kartini Day, Kids Week, Appreciation Day, Independence Day Celebration, dan beragam kuis menarik.

Upaya Bank DBS Indonesia dalam menjaga karyawannya tetap sehat dan aman selama pandemi ini tentunya mendapat respon positif dari para karyawan. Salah satunya Daniel Danny Simatupang dari Departemen Finance & Tax Bank DBS Indonesia. Danny merasa sangat terbantu dan bersyukur atas semua perhatian yang diberikan Bank DBS Indonesia kepada para karyawan.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Bank DBS Indonesia,” katanya seraya menambahkan dirinya sangat dibantu dalam melakukan dan mendapatkan akses Test Swab PCR.

Video Pilihan

Artikel Terkait