Inilah Alasan Liburan di Tengah Pandemi Penting untuk Diri Sendiri

Menjalani aktivitas sehari-hari semakin monoton dan pekerjaan seolah tidak pernah ada habisnya.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
25 November 2020, 19:30
Kredivo
Katadata

Tidak terasa 2020 sudah di penghujung tahun. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak awal tahun ini seperti lorong waktu bagi kita semua. Tahun 2020 terasa seperti Januari, Februari, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Maret lalu tiba-tiba sudah Desember. Menjalani aktivitas sehari-hari semakin monoton dan pekerjaan seolah tidak pernah ada habisnya. Tak leluasanya melakukan kegiatan di luar rumah memang sangat tidak sehat bagi kesehatan setiap orang.

Lalu, apa yang harus dilakukan agar mental sehat dan kembali produktif melakukan berbagai macam kegiatan pada era new normal?

Mulai dari berolahraga, merawat tanaman hingga memelihara ikan menjadi tren berkegiatan di masa PSBB. Namun, ada satu kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk me-refresh kembali pikiran Anda, yaitu traveling. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat, mengunjungi tempat yang tidak ramai dan tak sembarangan jajan. Berikut ini alasan mengapa liburan penting untuk diri sendiri, meski di tengah pandemi.

1. Menyehatkan Mental

Kesehatan Mental
Kesehatan Mental (Katadata)

 

Dilansir dari Nationalgeographic, salah satu manfaat traveling bagi kesehatan mental adalah mengurangi risiko depresi dan gangguan kecemasan. Pasalnya, kegiatan ini menjauhkan Anda dari berita, orang-orang dan aktivitas yang memicu produksi hormon kortisol penyebab stres. Apalagi di tengah berita pandemi yang bisa menyita pikiran, traveling bisa menjadi stress relief bagi banyak orang.

Anda bahkan tak harus berlibur panjang untuk bisa memperoleh manfaat ini. Liburan singkat selama tiga hari saja sudah dapat menurunkan hormon stres dan membuat pikiran Anda terasa jernih kembali.

2. Rewards Untuk Diri Sendiri

Reward Diri
Rewards Diri (Katadata)

 

Liburan menjadi reward atau penghargaan untuk diri sendiri atas kerja keras selama ini yang telah menghabiskan waktu setiap harinya untuk bekerja. Rewards traveling ini juga bisa membuatmu lebih bersemangat ketika bekerja kembali dan siap menghadapi kegiatan sehari-hari dengan penuh gairah.

Perasaan lelah atau stress, seketika sirna jika sedang berlibur atau traveling, mau pergi ke Bali, pulang ke kampung halaman ataupun hanya staycation bersama teman-teman. Rasa lelah dan beban pikiran akan berganti menjadi rasa gembira, bahagia dan pikiran menjadi jernih ketika sedang bersenang-senang bersama teman-teman atau keluarga.

Maka, jadikan traveling sebagai penghargaan atas kerja keras yang sudah dilakukan untuk mengembalikan rasa semangatmu ya!

3. Pengalaman Baru

Pengalaman Baru
Pengalaman Baru (Katadata)

 

Mungkin selama ini Anda berpikir jika ingin traveling, harus ke tempat eksotik seperti Bali, Lombok, Raja Ampat, ke luar negeri, atau harus memiliki dana yang besar. Cobalah ubah mindset tersebut, karena makna dari traveling adalah pengalaman baru. Pengalaman baru tersebut tentu bisa didapat di mana saja tanpa harus ke tempat yang sudah disebutkan tadi.

Anda yang sepanjang minggu berkutat dengan tugas kuliah atau kerjaan di belakang meja, cobalah untuk melihat pemandangan lain. Berjalanlah keluar dan nikmati suasana yang berbeda. Tidak harus jauh. Bisa seperti pergi ke kota yang letaknya hanya satu atau dua jam dari tempat tinggalmu, dengan begitu Anda sudah bisa melepas kepenatan yang menumpuk selama seminggu.

4. Tempat Wisata Sudah Menerapkan Protokol Kesehatan

Protokol Kesehatan di Tempat Wisata
Protokol Kesehatan di Tempat Wisata (Katadata)

 

Di tengah pandemi seperti sekarang, memang wajib hukumnya untuk mentaati semua protokol kesehatan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, sudah hampir satu tahun Indonesia menghadapi pandemi, tempat wisata juga sudah sangat tahu protokol kesehatan. Bahkan sudah disahkan melalui MK, Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Demi kebaikan kita semua, jangan sampai Anda tidak mentaati protokol kesehatan, ya!

Makin Semangat Liburan karena Promo Harbolnas 2020

Nah, akhir tahun memang waktu yang tepat untuk merencanakan liburan. Selain ada banyak tanggal merah, pasti ada banyak promo Harbolnas dari OTA (Online Travel Agent). Ditambah lagi ada diskon dari pinjaman online cepat cair bayar bulanan dari Kredivo.

Anda bisa menikmati promo bunga 0 persen pada 11-13 Desember, khusus untuk pinjaman 3 dan 6 bulan. Jadi Anda bisa mendapat 2 promo sekaligus. Nguntungin bangetkan? Jangan sampai ketinggalan, yuk ajukan pinjaman online cepat cair bayar bulanan untuk belanja promo Harbolnas dari Kredivo sekarang!

Video Pilihan

Artikel Terkait