Kesalahan yang Biasa Terjadi Saat Mengatur Keuangan pada Masa Pandemi

Pinjaman Online Cepat Cair Cukup KTP, Belanja Harbolnas
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
27 November 2020, 10:12
Kredivo
Katadata

Ketika pandemi Covid-19 menyerang dunia, perekonomian salah satu sektor yang ikut terguncang. Mulai dari banyaknya bisnis yang tutup, ribuan karyawan dirumahkan, pemotongan gaji bulanan hingga pemecatan karyawan yang berujung Indonesia mengalami resesi ekonomi.

Bersyukurlah bagi Anda yang masih bisa memiliki penghasilan setiap bulannya atau bisnis yang Anda jalankan masih lancar di masa pandemi seperti sekarang. Hal utama yang harus Anda perhatikan adalah mengatur keuangan dengan baik dan benar ketika masa pandemi masih tetap terjadi.

Terutama pengelolaan utang, di mana pinjaman online cepat cair cukup KTP yang bisa Anda manfaatkan untuk dana cadangan. Namun, jangan sampai utang menjadi bumerang yang membuat keuangan Anda menjadi berantakan.

Supaya kesalahan ini tidak dilakukan berulang, mari kita kenali hal-hal yang dianggap tabu dilakukan dalam melakukan pengelolaan keuangan di masa pandemi.

1. Tidak Menyisihkan Dana Darurat

Selama masa pandemi mungkin kondisi keuangan memang sedang carut marutnya. Namun, bagaimanapun kondisinya tetap harus ada plan B atau rencana kedua jika terjadi kondisi yang tidak terduga.

Secara sederhana, dana darurat diibaratkan sebagai ban serep. Baik mobil keluaran terbaru maupun mobil lama di atas 20 tahun tetap perlu menyediakan ban serep. Alhasil jika sewaktu-waktu dibutuhkan bisa mudah untuk digunakan sebagai penyelamat ketika dalam perjalanan.

Begitu pula dana darurat, meskipun dalam kondisi pandemi, usahakan untuk menyisihkan paling tidak lima persen dari penghasilan untuk dana darurat. Targetnya tetap harus bisa memenuhi kebutuhan pokok paling tidak selama tiga hingga enam bulan mendatang.

2. Kurang Inisiatif Mendapatkan Tambahan Penghasilan

Tidak bisa dipungkiri kalau pandemi mengajarkan untuk terus mencari tambahan penghasilan karena kita semua tidak dalam posisi aman. Tidak ada yang bisa memberikan jaminan bahwa Anda tetap bisa memiliki penghasilan seperti sekarang. Mau tak mau kini Anda harus bekerja keras dua kali lipat dari kebiasaan sebelumnya.

Bisa dilihat banyak sekali teman sekitar kita tiba-tiba menjual makanan, memberikan jasa foto dengan harga murah, menjual kopi susu hingga menjual alat-alat kesehatan. Oleh karena itu jangan hanya berdiam diri saja, berinisiatiflah untuk mendapat tambahan penghasilan di tengah pandemi seperti sekarang.

3. Berutang untuk Kebutuhan Konsumtif

Berutang bisa menjadi hal yang baik untuk Anda, tapi juga bisa menjadi bumerang yang membuat Anda rugi jika tidak bisa mengaturnya dengan baik. Oleh karenanya jangan mengambil utang untuk kebutuhan konsumtif, bijaklah dalam mengambil pinjaman online cepat cair cukup KTP, karena fintech seperti ini bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan produktif, misalnya membuka usaha atau memenuhi kebutuhan pokok maupun kesehatan.

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman online cepat cair cukup KTP, Anda juga harus memperhatikan kredibilitas dan bunga yang diberikan. Salah satu pinjaman online cepat cair cukup KTP yang sudah diawasi dan terdaftar oleh OJK serta memberikan bunga yang ringan adalah Kredivo.

Jika Anda memperhatikan pasaran bunga pinjaman online cepat cair cukup KTP, Kredivo hanya 2,6 persen per bulan, bisa dibilang cukup ringan dan kompetitif dengan bunga bank. Kredivo juga memberikan limit hingga Rp30 juta dengan cicilan fleksibel antara 3,6 dan 12 bulan untuk kredit online dan 1, 3 dan 6 bulan untuk pinjaman tunai. Sangat layak jika digunakan untuk memenuhi kebutuhan maupun menambah modal usaha dalam kondisi pandemi seperti saat ini. 

Hal yang paling menarik jika Anda bertransaksi melalui pinjaman online cepat cair cukup KTP dari Kredivo, Anda bisa mendapatkan kesempatan menjadi jutawan! Sebab, Kredivo sedang mengadakan undian nabok duit. Jika Anda belanja Harbolnas pada Desember nanti dengan memakai cicilan 3/6/12 bulan dari Kredivo, nomor ID transaksi Anda nanti akan diundi dan setiap bulan ada satu orang yang beruntung dapat uang tunai dengan total Rp150 juta!

 Untung bangetkan apply di pinjaman online cepat cair cukup KTP dari Kredivo? Yuk, download aplikasinya di Apps Store dan Play Store di smartphone Anda!

Video Pilihan

Artikel Terkait