Transaksi Melalui OY! Tak Terhalang Pandemi, Berkat Dukungan DBS IDEAL

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
30 Desember 2020, 09:11
Praxis
Katadata

Dahulu, hari raya identik dengan kumpul bersama keluarga, pulang ke kampung halaman, atau makan-makan bersama. Namun, saat pandemi Covid-19, kebiasaan-kebiasaan pada hari raya tersebut menjadi sebuah kemewahan yang tidak mampu dibeli. Belum lagi, larangan mudik membuat banyak orang terpisah dari keluarganya pada hari raya.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk tetap dapat menyambung silaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. Salah satunya dengan mengirimkan hadiah melalui platform e-commerce atau mengirimkan uang dengan memanfaatkan teknologi digital. Berdasarkan data yang dirilis We Are Social (Hootsuite) pada Juli 2020, peningkatan penggunaan transaksi keuangan digital mengakibatkan porsi transaksi e-wallet dalam e-commerce di Indonesia meningkat pesat menjadi 17 persen.

Advertisement

Dalam situasi pandemi, sebagai salah satu perusahaan teknologi finansial (fintech), OY! Indonesia ikut berperan dalam mendorong kemajuan ekonomi nasional dengan memudahkan akses transaksi keuangan untuk seluruh lapisan masyarakat, di daerah yang jarang ditemukan mesin ATM sekalipun.

Dengan menggunakan fitur Tarik Tunai di aplikasi OY!, penarikan uang tunai tidak lagi terbatas di lokasi mesin ATM yang sering kali sulit ditemukan, terutama di daerah-daerah terpencil.  Hal ini tentu akan bermanfaat untuk menyambung silaturahmi di tengah pandemi.

Bank DBS Indonesia bangga menjadi bagian dari transformasi OY! melalui DBS IDEAL & DBS RAPID sebagai solusi digital yang membantu integrasi transaksi pada aplikasi tersebut. OY! telah berevolusi dari aplikasi untuk komunikasi (chatting) yang memiliki fitur transfer uang secara realtime menjadi solusi finansial yang nyaman digunakan untuk mengatur transaksi keuangan sehari-hari. Dampaknya sekarang masyarakat semakin familiar dengan berbagai bentuk produk keuangan digital dari perbankan maupun fintech.

Menurut Angela Thenaria, Head of Institutional Banking Group 4, Bank DBS Indonesia, kebutuhan nasabah korporasi dalam meningkatkan layanan perusahaan khususnya dalam kondisi pandemi saat ini telah diantisipasi oleh Bank DBS Indonesia. “Kami senantiasa berupaya menyediakan layanan-layanan perbankan korporasi yang mengakomodir kebutuhan nasabah korporasi sehingga memudahkan mereka dalam menjalankan bisnisnya sehari-hari, terutama dalam mengautentikasikan transaksi digital. DBS RAPID memungkinkan koneksi langsung antara sistem OY! dengan sistem PT Bank DBS Indonesia, sehingga OY! dapat memberikan instruksi untuk transaksi langsung dari sistem mereka tanpa harus melakukan login ke portal internet banking,” kata Angela.

Semaksimal mungkin OY! Indonesia membantu kelancaran transaksi finansial bagi penggunanya meskipun ada kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mengharuskan OY! untuk memberlakukan bekerja dari rumah untuk para karyawannya. Dengan DBS IDEAL & DBS RAPID semuanya menjadi mudah, transaksi tetap berjalan tanpa kendala, pengguna dapat terlayani dengan baik.

“Bank DBS Indonesia selalu memberi respons yang cepat dan kemudahan dalam integration, upgrading, sampai live. Komunikasinya sangat clear,” kata Jesayas Ferdinandus, Founder OY! Indonesia seraya menambahkan kecepatan sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk menggunakan aplikasi OY!. ”Cepat is the first key, dan yang kedua flexibility untuk customized product guna meningkatkan user journey bagi pengguna OY!.”

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement