Bank Mandiri Hadirkan Personal Finance Summit #CerdasAturGaji

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
11 Desember 2021, 17:56
Mandiri #7
Katadata

Dalam rangka meningkatkan literasi finansial segmen pegawai (salaried segment) dan masyarakat Indonesia agar lebih melek finansial, Bank Mandiri menggelar Personal Finance Summit by abisgajian pada Senin, 6 Desember 2021 dengan tema #CerdasAturGaji.  Memanfaatkan channel digital webinar, event ini diikuti oleh salaried segment tanpa dipungut biaya.

Senior Vice President Retail Deposit Product and Solution Group Bank Mandiri, Evi Dempowati mengatakan, saat ini terdapat sekitar 130 juta segmen pegawai/pekerja di Indonesia yang didominasi oleh generasi Z dan Milenial.

Berdasarkan hasil survei, hampir dua per tiga generasi milenial merasa hidup dari gaji ke gaji dan 62 persen belum stabil secara finansial mengingat sebagian besar alokasi gaji masih banyak dihabiskan untuk hal-hal konsumtif.

Personal Finance Summit #CerdasAturGaji menghadirkan beberapa pembicara finansial ternama seperti Ligwina Hananto, Rivan Kurniawan, Melvin Mumpuni dan Prita Ghozie. Evi mengungkapkan, Bank Mandiri meyakini event webinar ini dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi salaried segment untuk belajar mengenai pengelolaan keuangan sehingga dapat mengalokasikan gajinya lebih baik lagi.

Event webinar yang diikuti oleh lebih dari 1.000 peserta ini mengusung berbagai tema beragam terkait pengelolaan finansial seperti tips pengelolaan gaji dengan bijak oleh Ligwina Hananto. 

Tema investasi sesuai tujuan finansial dibawakan oleh Rivan Kurniawan dan manajemen risiko finansial melalui asuransi oleh Melvin Mumpuni, hingga persiapan pensiun yang sejahtera oleh Prita Ghozie.

Menurut Evi, Bank Mandiri berharap edukasi finansial tersebut akan terus dapat dinikmati melalui Digital platform abisgajian yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja melalui browser smartphone maupun desktop.

Seperti halnya sebuah supermarket, salaried segment di Indonesia dapat dengan mudah menemukan, ”berbagai tips dan trik pengelolaan finansial, informasi produk finansial, digital financial advisory, hingga penawaran khusus bagi pengguna,” kata Evi.

Dengan melihat antusiasme yang sangat luar biasa ini, Evi berharap event serupa dapat terus dilaksanakan pada tahun-tahun mendatang.

Sebagai salah satu bank milik pemerintah yang memiliki peran memakmurkan negeri, event webinar tersebut merupakan kontribusi Mandiri untuk memberikan edukasi finansial yang sesuai dengan kebutuhan para pekerja atau salaried segment di Indonesia.

Dengan begitu, mereka dapat mengelola keuangan lebih baik sesuai dengan proporsi ideal indikasi keuangan sehat, seperti rasio minimal menabung dan investasi sebesar 10 persen dari penghasilan yang diperoleh serta dapat memanfaatkan produk-produk finansial secara bijak.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait