1.724 Atlet Disabilitas Ikuti Pekan Special Olympic Nasional 2022

Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) merupakan pembaruan dari Pekan Olahraga Nasional (Pornas) SOIna yang rutin digelar empat tahun sekali sebagai ajang pembinaan atlet penyandang disabilitas
Padjar Iswara
3 Juli 2022, 22:19
Sejumlah penyandang disabilitas berlatih sepak bola saat latihan perdana di lapangan Pacarkeling, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (9/3/2022). Para penyandang disabilitas tersebut merupakan pemain sepak bola dari Persatuan Sepak Bola Amputasi Surabaya (PERSAS)
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/aww.
Ilustrasi sejumlah penyandang disabilitas berlatih sepak bola

Sebanyak 1.724 atlet penyandang disabilitas dari 12 cabang olahraga akan unjuk kemampuan di Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) yang digelar pada 3-8 Juli di Semarang, Jawa Tengah.

Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) merupakan pembaruan dari Pekan Olahraga Nasional (Pornas) SOIna yang rutin digelar setiap empat tahun sekali sebagai wahana pembinaan atlet penyandang disabilitas intelektual.

Ketua Umum Special Olympics Indonesia ( SOIna), Warsito Ellwein mengatakan, Pesonas 2022 juga sebagai ajang seleksi atlet yang akan mewakili Indonesia pada Summer Olympic World Gamed (SWOG) pada 2023 di Berlin, Jerman.

"Sehingga, nantinya atlet penyandang disabilitas berprestasi yang unggul akan dikirim ke Summer Olympic World Gamed (SWOG) mewakili Indonesia," ujarnya melalui siaran pers (03/07)

Ada 12 cabang olah raga (cabor) yang dipertandingkan dalam Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) 2022, diantaranya yakni Atletik, Bulutangkis, Bocce, Bola Basket, Bola Voli, Bola Tangan, Senam Ritmik, Tari Daerah, Futsal, Tenis Meja, Sepakbola dan Renang.

Selain 12 cabor, lanjut Warsito, ada pula kegiatan lain seperti seni, budaya, kongres keluarga dan pemuda SOIna, pemeriksaan kesehatan, serta berbagai bentuk inovasi lain.

Berbeda dengan Pornas SOIna sebelumnya, event PeSONas kali ini juga diisi dengan pentas seni budaya dan talkshow neurosains tentang anak bertalenta khusus.

Warsito menyebut ajang Pesonas digelar untuk mencetak talenta-talenta baru dari kalangan anak-anak penyandang disabilitas intelektual.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...