Erick Thohir Minta Bank BUMN Genjot Pendanaan untuk Pelaku UMKM

Di Malaysia saja penyerapan kredit untuk UMKM sudah mencapai 50 persen, Indonesia baru 20 persen
Padjar Iswara
6 Juli 2022, 20:54
Erick Thohir Minta Bank BUMN Genjot Pendanaan untuk Pelaku UMKM
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.

Menteri BUMN Erick Thohir akan mendorong bank-bank milik pemerintah terus menggenjot pendanaan untuk pelaku  Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Tanah Air.

Penyebabnya saat ini persentase penyerapan kredit untuk UMKM di Indonesia masih kalah dibanding Malaysia.

"Di Malaysia saja penyerapan kredit untuk UMKM sudah mencapai 50 persen, Indonesia baru 20 persen," kata Erick  saat menghadiri silaturahmi dan halalbihalal dengan Ikatan Alumni (IKA) Universitas Padjajaran Bandung di Aula Graha Sanusi Hardijadinata, Kampus Iwa Kusamasumantri, Bandung, Minggu 3 Juli 2022 lalu.

Sehubungan dengan itu, Erick Thohir menjamin bahwa pemerintah akan menaikkan alokasi kredit bagi pelaku UMKM hingga 30 persen.

Advertisement

Salah satu upaya tersebut meningkatkan alokasi kredit usaha rakyat (KUR) dari Rp260 triliun menjadi Rp338 triliun.

Dengan begitu Erick Thohir berharap, UMKM Indonesia akan semakin kompetitif di waktu-waktu mendatang.  Namun, kemampuan bersaing juga harus ditunjang oleh kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk dengan perguruan tinggi.

Kementerian BUMN, kata dia, telah membagi peran bank-bank BUMN untuk menggarap pembiayaan bagi UMKM di kota dan desa, baik kepada korporasi besar atau pengusaha kecil.

Selain itu, dia juga minta agar mereka beri pendampingan ke ke UMKM.

(Tim Riset Katadata)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait