Target Pendampingan Bagi 2 Juta Petani

Kadin Indonesia telah melakukan pendampingan pada petani sejak 2013.
Image title
Oleh Hanna Farah Vania - Tim Riset dan Publikasi
18 November 2020, 18:35

Petani yang berkualitas menjadi faktor kunci keberhasilan sektor pertanian Indonesia. Tak hanya itu, kemudahan akses petani dengan pengusaha dapat menjadi solusi untuk meningkatkan produktivitas. Selama 2013 – 2019, Kantor Dagang dan Investasi (Kadin) Indonesia sudah melakukan pendampingan bagi 1 juta petani.

Target ke depannya pada 2020 – 2023 petani yang diberdayakan akan mencapai 971 orang sehingga, target yang akan dicapai menghasilkan 2 juta petani berkualitas. Program ini sudah tersebar di seluruh Nusantara. Peningkatan kualitas dikerahkan untuk petani kelapa sawit, kakao, jagung, hingga komoditas holtikultura. Tak hanya itu pemberdayaan per sektor, pelatihan vokasional juga menjadi sasaran utama.

Melalui acara daring Jakarta Food Security Summit (JFSS) 5 yang diselenggarakan oleh KADIN Indonesia dan Katadata.co.id, Presiden Joko Widodo mengamanatkan kepada KADIN agar terus konsisten melakukan pendampingan. "Saya yakin Kadin mampu menuntaskan target ini. Saya berharap model bisnis yang inklusif ini bisa dongkrak sektor pangan jadi ekonomi baru yang buka lebih banyak lapangan kerja serta meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia," ujarnya