Atasi Dampak Pandemi COVID-19 dan Capaian TPB/SDGs di Indonesia

Indonesia berkomitmen untuk melakukan pencapaian TPB/SDGs pada tahun 2030, melanjutkan komitmen dari pelaksanaan Millenium Development Goals yang telah berakhir di tahun 2015.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
19 November 2020, 18:32

Indonesia berkomitmen untuk melakukan pencapaian TPB/SDGs pada tahun 2030, melanjutkan komitmen dari pelaksanaan Millenium Development Goals yang telah berakhir di tahun 2015. Komitmen ini menunjukkan upaya Indonesia untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik dan sejahtera dengan meminimalkan dampak lingkungan.

Apa peran pemerintah daerah dalam melakukan pencapaian TPB?

Pemerintah Daerah adalah pemain kunci dalam pencapaian TPB, karena merekalah yang memberikan pelayanan publik secara langsung untuk masyarakat. Upaya pelibatan pemerintah daerah untuk lebih aktif melaksanakan pencapaian TPB adalah advokasi yang sedang dilakukan oleh program LOCALISE SDGs. Program ini dilaksanakan oleh UCLG ASPAC bekerja sama dengan APEKSI, dan melibatkan asosiasi pemerintah daerah dan DPRD, dengan dukungan finansial dari Uni Eropa. Program ini menekankan pentingnya melokalkan TPB dalam proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di daerah.

Mengapa TPB perlu dilokalkan?

Target yang dikeluarkan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) adalah target global, yang mencakup 17 tujuan dan 169 target. Akan tetapi, target ini perlu didetilkan menjadi indikator-indikator kinerja yang realistis dan sesuai dengan konteks Indonesia. LOCALISE SDGs berjejaring dengan berbagai aktor dan mitra pembangunan di Indonesia, untuk mendorong 30 pemerintah daerah sebagai target wilayah untuk lebih memahami keterkaitan dan manfaat dari TPB terhadap rencana pembangunannya. Hal ini antara lain dilakukan melalui pelatihan, pelaksanaan forum-forum diskusi, materi edukasi, dan database yang memudahkan pemerintah daerah agar perencanaan pembangunannya menjadi lebih koheren, sinergis, dan efektif.

Upaya pelaksanaan TPB bukanlah kegiatan yang sama sekali baru. Banyak diantaranya bahkan turut berkontribusi untuk mengatasi dampak COVID-19 dan sebaliknya, upaya penanganan dampak COVID-19 yang baik akan turut berkontribusi pada pencapaian TPB.

Bagaimana? Harapan selalu ada bukan? Yuk, cari tahu lebih jauh soal upaya pemerintah daerahmu dan berikan dukungan agar situasi pandemi COVID-19 lebih cepat teratasi!