Laju 5 Ekosistem BUMN

Dalam tranformasi BUMN, sejumlah ekosistem terbentuk untuk memfokuskan sejumlah sektor.
Image title
13 Mei 2022, 15:50

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terus melakukan transformasi perusahaan-perusahaan milik negara. Dalam transformasi itu dia membentuk ekosistem-ekosistem BUMN yang fokus pada berbagai sektor. Ada lima ekosistem BUMN yang mulai berjalan dan memberi dampak.

Pertama, ekosistem ultra mikro yang terdiri atas PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), Pegadaian dan PT Pemodalan Nasional Madani (PNM).

Ekosistem targetnya memperkuat bisnis ultra mikro dan UMKM. Hasilnya sudah terlihat, holding ini berhasil meningkatkan proporsi pemodalan UMKM dari 20 persen menjadi 30 persen lewat Sentra Layanan Ultra Mikro (Senyum) setelah melakukan efisiensi biaya dan operational excellence.

Kedua, ekosistem bank syariah yang menyatukan sejumlah badan usaha sehingga berada di bawah Bank Syariah Indonesia (BSI). BSI menjadi bank syariah terbesar di Tanah Air dan masuk nomor 11 terbesar di dunia.

Terdapat juga ekosistem pariwisata di bawah program Indonesia Journey (InJourney)   yang fokus dengan upaya pemulihan sektor pascapandemi Covid-19 dan mendorong terciptanya platform kolaboratif yang terintegrasi.

Keempat, ekosistem pemberdayaan pertanian yang dijalankan lewat PT Pupuk Indonesia lewat program ‘Makmur’, yang fokus pada pendampingan budi daya tani terintegrasi untuk membedayakan petani.

Sejalan dengan itu terdapat juga ekosistem pangan lewat ID Food yang fokus dari hulu ke hilir untuk meningkatkan produktivitas pangan dan kesejahteraan petani.

(Tim Riset katadata)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.