BUMN Berantas Kemiskinan dengan Penyaluran Bansos

Image title
27 Mei 2022, 15:00

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkontribusi menyalurkan sejumlah program bantuan sosial. Kegiatan ini dilakukan sejak 4 Januari 2021 lalu untuk mengendalikan dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19.

BUMN memberantas kemiskinan dengan mengerahkan sejumlah bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan PT Pos Indonesia (Persero).

Dengan persebaran Himbara dan PT Pos Indonesia (Persero) dari barat hingga timur Indonesia, upaya BUMN berantas kemiskinan semakin mudah dan merata.

Adapun sejumlah bank yang tergabung dalam Himbara adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI, PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. atau BNI, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. atau Bank Mandiri, PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. atau BSI, dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. atau BTN.

Di Pulau Sumatra, wilayah kerja Himbara dan Pos Indonesia tersebar di 154 kabupaten. Adapun di Pulau Kalimantan di 56 kabupaten, Sulawesi 81 Kabupaten, Maluku 21 kabupaten, Papua di 42 kabupaten, Bali dan Nusa Tenggara 41 kabupaten, dan Jawa 116 kabupaten.

Dari segi lembaga perbankan, BRI mendominasi persebaran di lima pulau yaitu Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, serta Maluku.

BNI mendominasi di Pulau Jawa dan PT Pos Indonesia (Persero) mendominasi di Pulau Papua. Keberhasilan BUMN memberantas kemiskinan tercermin dari pencapaian penyaluran sejumlah program bansos yang mencapai lebih dari 99 persen.

Belajar dari proses penyaluran, Menteri BUMN Erick Thohir mengingatkan untuk adanya sinkronisasi data penerima agar program bansos lebih tepat sasaran.

(Tim Riset Katadata)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.