Korban Meninggal Tambah jadi 114 Orang, Positif Corona RI 1.285 Kasus

Image title
29 Maret 2020, 17:16
Petugas keamanan berjaga di depan Masjid Jami Kebon Jeruk, Jakarta, Minggu (29/3/2020). Sebanyak 183 jamaah Masjid Jami Kebon Jeruk diisolasi di dalam masjid karena berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Tiga orang di antaranya diketahui positif COVID-19
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/pras.
Petugas keamanan berjaga di depan Masjid Jami Kebon Jeruk, Jakarta, Minggu (29/3/2020). Sebanyak 183 jamaah Masjid Jami Kebon Jeruk diisolasi di dalam masjid karena berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Tiga orang di antaranya diketahui positif COVID-19 dan semuanya akan dipindahkan ke RS Darurat Wisma Atlet secara bertahap.

Sejak Presiden Joko Widodo pertama kali mengumumkan kasus pasien yang positif virus corona pada 2 Maret 2020, jumlah penderita Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Hingga Minggu (29/3), jumlahnya mencapai 1.285 orang.

"Ada penambahan kasus konfirmasi positif sebanyak 130 orang (dari kemarin). Maka sejauh ini kasus berjumlah 1.285 orang," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto dalam konferensi pers, Minggu (29/3).

Advertisement

Dari jumlah tersebut, jumlah korban meninggal kini menjadi 114 orang. Sedangkan pasien sembuh sebanyak 64 orang.

Yuri menyatakan, penularan Covid-19 terjadi karena masyarakat belum disiplin menjalankan anjuran physical distancing. Selain itu, masyarakat juga perlu menerapkan pola hidup sehat dan menggunakan masker bila sakit. "Ini perlu dan harus dijalankan bersama-sama agar rantai penularan dapat terputus," kata dia.

(Baca: Imbas Covid-19, Startup Penjual Produk Segar Kewalahan Layani Pembeli)

Bagaimanapun, dia juga meminta agar masyarakat tidak mengucilkan orang yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Namun, harus memberikan dukungan agar dapat melakukan isolasi secara mandiri dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang dianjurkan WHO.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement