Waspada, Orang Bisa Terinfeksi Covid-19 Tanpa Gejala dan Rasa Sakit

Orang yang tak menyadari dirinya terinveksi virus corona dapat menulari orang lain jika tak melakukan social distancing.
Pingit Aria
23 Maret 2020, 08:30
Anisathulumah (25) dan Febryan A (26) merupakan reporter di salah satu media online di Jakarta menyelesaikan pekerjaannya di kamar indekos daerah Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (19/3/2020).
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Anisathulumah (25) dan Febryan A (26) merupakan reporter di salah satu media online di Jakarta menyelesaikan pekerjaannya di kamar indekos daerah Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (19/3/2020).

Masyarakat diminta waspada terhadap kasus penyebaran virus corona. Sebab, ada orang yang telah terinfeksi covid-19 namun tidak menunjukkan gejala sakit.

"Karena kita sadari bahwa tidak semua orang yang di dalam tubuhnya ada virus corona memberikan gambaran sakit," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam siaran pers, Minggu (22/3).

Yurianto menuturkan, dari kasus positif Covid-19 yang ditemukan di Indonesia saat ini, sering didapati pasien dengan keadaan sakit ringan atau bahkan tanpa gejala sama sekali. Dengan begitu, seseorang bisa berpikir kalau dia tidak terinfeksi virus Covid-19 dapat menularkan kepada orang lain jika tidak menjaga jarak aman.

(Baca: Pemerintah Sebar 105 ribu APD Atasi Covid-19, Terbanyak di Jakarta)

Advertisement

Untuk itu, harus dilakukan upaya antisipasi bersama dengan mengikuti upaya mengendalikan penularan Covid-19. Semua orang diharapkan dapat menjaga jarak aman setidaknya 1 meter dari orang lain melalui social distancing. Selain itu, jaga kesehatan dan kebersihan, mengisolasi diri jika merasa sakit dan segera memeriksakan diri ke dokter.

Jika tidak menjaga jarak, maka penularan COVID-19 sangat rentan terjadi antar orang karena percikan cairan pernapasan bisa sampai kepada orang lain saat melakukan kontak dekat dan berkumpul.

Hingga Minggu (22/3), jumlah total kasus positif COVID-19 di Indonesia sebanyak 514 atau bertambah 64 dibandingkan hari kemarin. Jumlah pasien COVID-19 yang meninggal bertambah 10 orang sehingga totalnya menjadi 48 jiwa.

Sementara, jumlah pasien yang berhasil sembuh dari penyakit COVID-19 mencapai 29 orang atau bertambah sembilan dibandingkan hari Sabtu (21/3).

(Baca: Inpres Jokowi, Gugus Tugas Covid-19 Bisa Langsung Impor Alat Kesehatan)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait