Daftar 100 Rumah Sakit Rujukan Virus Corona di 31 Provinsi

Pingit Aria
2 Maret 2020, 18:28
Pekerja rumah sakit menggunakan masker di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, Senin (2/3/2020). Presiden Joko Widodo mengumumkan dua orang positif terjangkit virus corona, dan saat ini berada di ruang isolasi RSPI Sulianti Saroso, Jakarta.
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Pekerja rumah sakit menggunakan masker di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, Senin (2/3/2020). Presiden Joko Widodo mengumumkan dua orang positif terjangkit virus corona, dan saat ini berada di ruang isolasi RSPI Sulianti Saroso, Jakarta.

Presiden Joko Widodo telah mengumumkan adanya dua orang warga Indonesia yang positif terjangkit virus corona atau penyakit Covid-19. Menurut Jokowi, dua WNI itu sempat menjalin kontak dengan warga negara Jepang yang belakangan diketahui juga positif virus corona.

"Orang Jepang ke Indonesia bertemu siapa, ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/3).

Dengan kondisi ini, masyarakat perlu waspada dan mengantisipasi bahaya virus corona tersebut. Masyarakat yang memiliki riwayat kontak dengan warga negara lain yang terinfeksi merasakan gejala Covid-19 disarankan segera mengakses ke layanan kesehatan.

Gejala tersebut di antaranya seperti demam, batuk, pilek, sakit tenggorakan dan gangguan pernapasan disarankan segera mengakses ke layanan kesehatan.

(Baca: Dua WNI Positif Terinfeksi VIrus Corona, IHSG Turun 1,68% ke 5.361,25)

Untuk mencegah penyebaran virus corona, Kementerian Kesehatan telah menyiapkan 100 rumah sakit rujukan di 31 provinsi. Sebanyak 100 rumah sakit itu dinilai telah mampu menangani pasien jika ada yang terkonfirmasi virus corona.

Rumah Sakit Rujukan Flu Burung

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono memastikan, mekanisme pelayanan rujukan, fasilitas dan petugas kesehatan sudah sesuai standar WHO.

"Kami sudah mempunyai ruan isolasi, sudah mempunyai laboratorium yang mampu melakukan pemeriksaan salah satunya novel corona virus," kata Anung seperti dikutip dari VOA.

Penetapan rumah sakit rujukan flu burung berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor 414/M6nkos/Slglv/20. Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kementerian Kesehatan Busroni menyatakan, rumah sakit rujukan untuk Covid-19 sama dengan rumah sakit rujukan yang pernah digunakan untuk perawatan pasien flu burung.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...