Jejak Politik AHY, Putra SBY yang Bersiap Maju Pilpres 2024

Pingit Aria
19 Februari 2020, 22:05
Calon Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (depan kiri) berjabatan tangan dengan Ketua DPD Partai Demokrat NTT Jefry Riwu Kore usai deklarasi mendukung AHY menjadi ketua umum partai di Kupang, NTT, Selasa (18/02/2020). Kedatangan A
ANTARA FOTO/Kornelis Kaha
Calon Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (depan kiri) berjabatan tangan dengan Ketua DPD Partai Demokrat NTT Jefry Riwu Kore usai deklarasi mendukung AHY menjadi ketua umum partai di Kupang, NTT, Selasa (18/02/2020). Kedatangan AHY ke Kupang dalam rangka konsolidasi DPD Partai Demokrat di NTT sekaligus bersilaturahmi dengan para kader partai di daerah itu.

Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 memang baru akan digelar empat tahun mendatang. Namun, beberapa nama kandidat mulai bermunculan. Salah satunya adalah Agus Harimurti Yudhoyono yang akrab disapa dengan inisialnya, AHY.

AHY yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Demokrat telah menyatakan niatnya untuk maju dalam kontestasi. Meski, ia tak secara gamblang menyatakan keinginan untuk mencalonkan diri sebagai Presiden atau Wakil Presiden.

Advertisement

"Saya akan terus mempersiapkan diri untuk 2024 mendatang," kata AHY di Kupang, NTT, Selasa (18/2).

AHY juga belum bicara banyak soal visi dan misinya saat mencalonkan diri. Yang pasti, sejauh ini ia fokus menjaring aspirasi masyarakat di seluruh Indonesia. Konsolidasi partai juga terus dilakukannya.

Putra sulung mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu sudah berkeliling ke sejumlah daerah. Saat berkunjung ke Kupang, AHY mendorong kader Demokrat guna menghadapi Pilkada 2020. Langkah serupa juga akan dilakukan di daerah lain.

(Baca: SBY Minta Pemerintah Investigasi 7 Hal untuk Bongkar Kasus Jiwasraya)

Berada di luar koalisi pemerintahan, Partai Demokrat terus bergerilya untuk menempatkan kadernya sebagai Kepala Daerah. "Kunjungan saya ke sejumlah daerah ini juga ingin memberikan dukungan kepada kader-kader di daerah untuk siap bertarung dalam Pilkada tahun ini," kata suami Annisa Pohan tersebut.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement