100 Hari Pemerintahan, Kepuasan Terhadap Jokowi Tinggi, Ma’ruf Rendah

Image title
16 Februari 2020, 18:06
Politisi PDI Perjuangan Rokhmin Dahuri (kiri) memberi paparan didampingi, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Lidya Hanifa (tengah) dan politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya Sugiarto (kanan) dalam rilis survei kinerja evaluasi 100 hari peme
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Politisi PDI Perjuangan Rokhmin Dahuri (kiri) memberi paparan didampingi, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Lidya Hanifa (tengah) dan politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya Sugiarto (kanan) dalam rilis survei kinerja evaluasi 100 hari pemerintahan Jokowi-Amin di Jakarta, Minggu (16/02/2020). Dalam rilisnya, masyarakat yang mengaku puas dengan 100 hari kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin sebesar 70,1 persen sedangkan yang tidak puas 27,4 persen.

Survei Indobarometer mengungkapkan, 70,1% masyarakat Indonesia puas dengan kinerja 100 hari di periode kedua Presiden Joko Widodo. Sedangkan, tingkat kepuasan terhadap Wakil Presiden Ma’ruf Amin jauh di bawahnya.

Qodari mengatakan, ada empat alasan yang membuat masyarakat merasa puas atas kinerja pemerintahan Jokowi pada awal masa pemerintahannya yang kedua ini. Keempatnya adalah kerja nyata, ketegasan, pengalaman, dan keberanian yang ditunjukan oleh Jokowi.

Advertisement

Angka kepuasan publik yang diraih Jokowi selama 100 hari pertama di periode keduanya mengalami peningkatan jika dibanding survei 2015 lalu. Pada 100 hari pertama di periode pertamanya itu, kepuasan publik pada Jokowi hanya 57,5%.

Sedangkan, tingkat kepuasan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berada jauh di bawah Jokowi. Tingkat kepuasan publik pada Wapres Ma'ruf Amin hanya 49,6%. Sedangkan masyarakat yang tidak puas dengan Wapres Ma'ruf Amin ada 37,5%.

"Kalau sebelumnya selisih (Presiden dengan Wapres) tidak sejauh itu. Perlu ada evaluasi. Perubahan performa," kata kata Direktur Eksekutif Indobarometer Muhammad Qodari di Jakarta pada Minggu (16/2).

(Baca: Ibu Kota Negara Pindah, Investor Incar Gedung DPR hingga Kantor Nadiem)

Sebelumnya, pada periode pertama Jokowi, Wapresnya yaitu Jusuf Kalla mendapatkan tingkat kepuasan publik sebesar 53,3% dan tidak puas sebanyak 38,8%.

Di posisi menteri, Indobarometer mencatat, Menteri Pertahanan Prabowo menjadi menteri dengan tingkat kepuasan publik paling tinggi dengan 18,4%. Jumlah itu mengalahkan Sri Mulyani di posisi kedua sebesar 10,6%, Erick Thohir di posisi ketiga sebesar 8,2%, dan Mahfud MD di posisi keempat sebesar 7,9%.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement