Faik Fahmi, Dirut Angkasa Pura I Masuk Bursa Direktur Garuda

Sebelum menjabat Dirut Angkasa Pura I, Faik Fahmi pernah menjadi Direktur Pelayanan Garuda Indonesia.
Pingit Aria
15 Januari 2020, 15:55
Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, disebut-sebut menjadi salah satu calon yang akan menempati kursi direktur utama PT Garuda Indonesia Tbkn
Antara Foto/Audy Alwi
Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, disebut-sebut menjadi salah satu calon yang akan menempati kursi direktur utama PT Garuda Indonesia Tbk

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan mengumumkan jajaran direksi baru PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dalam waktu dekat. Jajaran direksi baru itu akan diumumkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham yang digelar pekan depan. 

"Tunggu saja pada 22 Januari (Rapat Umum Pemegang Saham/ RUPS Garuda)," kata kata Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga, saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Senin (13/1).

Salah satu nama yang disebut-sebut bakal masuk dalam jajaran direksi Garuda adalah Faik Fahmi. Saat ini, ia menjabat sebagai Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) sejak 22 Desember 2017.

Faik juga bukan orang baru di Garuda. Ia cukup lama berkarier di maskapai nasional tersebut, dengan jabatan terakhir sebagai Direktur Layanan (April 2012-Desember 2014).

Advertisement

Sedangkan, di lingkungan BUMN, Faik pernah menjabat sebagai Director of Commercial & Business Development PT Angkasa Pura II pada Januari 2015-11 September 2016. Kemudian, ia juga pernah menjadi Direktur Pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry pada 12 September 2016-21 Desember 2016, yang berlanjut hingga menjadi Direktur Utama pada 21 Desember 2016-22 Desember 2017.

(Baca: Ignasius Jonan Kembali Muncul, Kini Disebut Jadi Calon Dirut Garuda)

Faik menyelesaikan S1 Ekonomi Manajemen dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada tahun 1993. Setelah lulus, Faik Fahmi diterima di Bank Dagang Negara (BDN). Namun, hanya lima bulan mengikuti training, ia mengundurkan diri dan pindah ke PT Garuda Indonesia (Persero).

Di Garuda, Faik pernah mengisi posisi Manager, General Manager, kemudian menjabat Vice President di Tokyo Area Manager. Ia kemudian ditunjuk menjadi President Director Garuda Orient Holidays Japan, Co., Ltd pada tahun 2010-2012.

Faik juga pernah menduduki jabatan penting di beberapa perusahaan, terasuk anak dan cucu Garuda. Di antaranya, Komisaris Utama PT Abacus Indonesia (2013-2015), dan Komisaris Utama PT Garuda Indonesia Holiday (2014-2015).

Selain itu juga pernah menjadi Komisaris PT Aerofood Indonesia (2014-2015), Komisaris PT Angkasa Pura Solusi (2015-2016), serta Komisaris Utama PT Angkasa Pura Kargo (2016). Juga menjadi Komisaris Utama PT Indonesia Ferry Properti (2017) dan Komisaris Utama PT Angkasa Pura Suport (2017-sekarang).

(Baca: Irfan Setiaputra, dari PT INTI Disebut Jadi Calon Dirut Garuda)

Reporter: Fariha Sulmaihati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait