Profil Bupati Sidoarjo Saiful Ilah yang Terjaring OTT KPK

Pingit Aria
8 Januari 2020, 11:31
Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, OTT KPK, profil Bupati Sidoarjo, Bupati Sidoarjo kena OTT KPK
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah (kedua kanan) berjalan saat tiba di gedung KPK, Jakarta, Rabu (8/1/2020). Bupati Sidoarjo Saiful Ilah beserta beberapa orang lainnya terjaring operasi tangkap tangan KPK yang diduga terkait pengadaan barang dan jasa.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dan beberapa orang lainnya dalam Operasi Tangkap Tangan atau OTT pada Selasa (8/1) malam. Penangkapan dilakukan terkait dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa. 

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan ada belasan orang yang juga dimintai keterangannya di Mapolda Jatim terkait dengan OTT Bupati Sidoarjo tersebut.

"Kami jelaskan para pihak yang terlibat dalam proyek pengadaan barang dan jasa di kabupaten tersebut," ujar Firli seperti dikutip dari Antara.

(Baca: Hasil Audit BPK, Negara Rugi Lebih Rp 6 T pada Empat Proyek Pelindo II)

Usai menjalani pemeriksaan awal, Saiful Ilah mengaku tak mengetahui kasus yang membuat dirinya terjaring OTT KPK. Bupati Sidoarjo dua periode itu keluar dari ruangan Subdit III Tipikor Polda Jatim sekitar pukul 04.30 WIB dengan memakai jas menuju bus. "Saya sendiri tidak tahu," ujarnya.

Saiful Ilah lahir di Sidoarjo, 9 Agustus 1949. Ia menjabat sebagai Bupati Sidoarjo periode 2010-2015 atas dukungan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Pada 2016, ia kembali mencalonkan diri sebagai petahana, namun kali ini hanya dengan dukungan PKB. Saiful memenangkan Pilkada dengan raihan suara nyaris 60%.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...