Perjalanan Ria Irawan, Aktris Kawakan yang Meninggal Akibat Kanker

Pingit Aria
6 Januari 2020, 14:58
Aktris Ria Irawan meninggal dunia pada Senin (6/1).
Instagram|RiaIrawan
Aktris Ria Irawan meninggal dunia pada Senin (6/1).

Aktris Ria Irawan meninggal dunia pada Senin pukul 04.00 WIB. Ia menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, setelah berjuang melawan kanker getah bening.

Kabar meninggalnya Ria Irawan diketahui dari sutradara sekaligus komika Ernest Prakasa. "Baru dapat kabar dari Mbak @dewiirawan13, Mbak @RiaIrawan tersayang sudah berpulang. Selamat jalan Mbak Ria yang baik, sampai jumpa lagi," tulis Ernest Prakasa melalui akun Twitter.

Ria Irawan mengidap penyakit kanker kelenjar getah bening sejak 2014 lalu. Ia sempat dinyatakan bersih pada awal 2019 setelah menjalani berbagai pengobatan seperti kemoterapi dan radiasi.

Namun, belakangan kanker tersebut kembali menggerogoti tubuhnya. Sang aktris kembali menjalani perawatan di RSCM pada September 2019.

(Baca: Ini Penyebab Autoimun, Penyakit yang Diderita Ashanty dan Gigi Hadid)

Chandra Ariati Dewi (Ria Irawan) lahir sebagai bungsu dari lima bersaudara pasangan aktor dan aktris Bambang Irawan dan Ade Irawan. Tumbuh di lingkungan seni membuat Ria tertarik ke dunia perfilman sejak usia dini.

Saat masih berumur 4 tahun, Ria telah menjadi figuran dalam film Sopir Taxi (1973), yang dibintangi oleh Bambang Hermanto dan Dien Novita. Kemudian, Ria kembali mendapat peran sebagai figuran dengan dialog dalam film Belas Kasih. Setelah itu, Ria juga bermain dalam film Fajar Menyingsing (1975) bersama Erwin Gutawa, Chicha (1976) bersama Chicha Koeswoyo yang kala itu sangat terkenal.

Ria Irawan semakin produktif memasuki tahun 1980-an. Aktingnya membuat banyak orang terpikat pada film Kembang Kertas (1984). Ia kemudian meraih nominasi dalam Festival Film Indonesia (FFI) 1986 sebagai aktris pendukung terbaik berkat perannya dalam film Bila Saatnya Telah Tiba (1985).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...