CEO Startup Diuntungkan dari Rangkap Jabatan Staf Khusus Jokowi

Pingit Aria
26 November 2019, 23:38
Staf khusus Presiden Joko Widodo yang baru dari kalangan milenial (kiri ke kanan) CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra, Perumus Gerakan Sabang Merauke Ayu Kartika Dewi, Pendiri Ruang Guru Adamas Belva Syah Devara, CEO dan Founder Creativepreneur Putri In
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Staf khusus Presiden Joko Widodo yang baru dari kalangan milenial (kiri ke kanan) CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra, Perumus Gerakan Sabang Merauke Ayu Kartika Dewi, Pendiri Ruang Guru Adamas Belva Syah Devara, CEO dan Founder Creativepreneur Putri Indahsari Tanjung, Mantan Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia/PMII Aminuddin Ma'ruf, Peraih beasiswa kuliah di Oxford Billy Gracia Yosaphat Mambrasar dan Pendiri Thisable Enterprise Angkie Yudistia di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Penunjukan 14 staf khusus oleh Presiden Joko Widodo menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Apalagi, empat di antaranya merupakan pendiri startup dan tetap menjabat di perusahaan rintisan tersebut.

Posisi sang CEO yang menjabat sebagai staf khusus dinilai akan menguntungkan startup yang dipimpinnya. Keuntungan itu setidaknya didapat dari publisitas yang positif.

Contohnya Andi Taufan Garuda Putra, pendiri dan CEO fintech Amartha. “Mau bagaimanapun posisinya pasti ada dampak yang positif, karena terobosan Amartha diakui Presiden. Pasti ada dampaknya secara langsung dan tidak langsung, karena sejuta mata akan mengarah ke sana,” kata Kuseryansyah, Ketua Harian Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

(Baca: Profil Andi Taufan Garuda Putra, CEO Amartha yang Jadi Stafsus Jokowi)

Yang menarik, saat membuka laman pencarian Google dengan kata kunci ‘Amartha’ dan ‘Andi Taufan’, akan muncul iklan adwords yang menyebut “staf khusus presiden, berizin dan diawasi OJK, amartha.com.”

amartha iklan
amartha iklan (Katadata/Google)

Bagaimanapun, sebagai ketua asosiasi yang mewadahi Amartha, Kuseryansyah mendukung Andi Taufan salam peran barunya sebagai Staf Khusus Presiden. “Kami harapkan Pak Taufan bisa menjembatani aspirasi dari industri fintech khususnya p2p lending ke Istana.”

Selain Andi Taufan, pemimpin startup lain yang kini juga menjabat sebagai staf khusus adalah Adamas Belva Syah Devara yang merupakan pendiri Ruang Guru, Putri Tanjung yang menjabat CEO dan Founder Creativepreneur, dan Angkie Yudistia, pendiri Thisable Enterprise.

(Baca: Daftar 14 Staf Khusus Jokowi, 10 Wajah Baru dan 4 Nama Lama)

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menyoroti para staf khusus yang masih memimpin perusahaannya. Dia khawatir terjadi benturan kepentingan.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati, Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...