Profil Angkie Yudistia, Tunarungu Yang Jadi Staf Khusus Jokowi

Pingit Aria
22 November 2019, 18:00
Angkie Yudistia (32 tahun) menjadi salah satu staf khusus yang diumumkan Presiden Joko Widodo pada Kamis (21/11).
Instagram/@angkie.yudistia
Angkie Yudistia (32 tahun) menjadi salah satu staf khusus yang diumumkan Presiden Joko Widodo pada Kamis (21/11).

Angkie Yudistia (32 tahun) menjadi salah satu staf khusus yang diumumkan Presiden Joko Widodo. Ia merupakan satu dari tujuh sosok milenial yang akan mendampingi tugas Presiden hingga lima tahun ke depan.

"Angkie Yudistia, usia 32 tahun adalah anak muda penyandang disabilitas yang aktif bergerak di sociopreneur," kata Presiden Jokowi ketika mengenalkan staf khusus barunya pada Kamis (21/11).

Dalam perkenalan itu, Jokowi menyebut Angkie adalah anak muda yang aktif di organisasi, baik di dalam nengeri maupun internasional. "Saya minta Angkie juga menjadi Juru Bicara Presiden bidang sosial," ujar Jokowi.

Angkie yang juga anggota Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) ini memang dikenal sebagai perempuan muda yang menginspirasi. Keterbatasan yang dimiliki tak menghalanginya meraih segudang prestasi.

(Baca: 7 Staf Khusus dari Kalangan Milenial, Jokowi Sebut Butuh Gagasan Segar)

Angkie lahir di Medan pada 5 Mei 1987, pendengarannya mulai menghilang saat perempuan berhijab itu menginjak usia 10 tahun. Kejadian itu sempat membuatnya kehilangan percaya diri. Namun, dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekat, terutama sang ibu, secara perlahan berhasil membangkitkan semangatnya.

Putri pasangan Hadi Sanjoto dan Indiarty Kaharman ini berhasil meraih gelar master di London School of Public Relations Jakarta. Kegemarannya menulis membuat Angkie menelurkan beberapa buku.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...