Jorge Lorenzo, Pembalap 32 Tahun Yang Pensiun dari Moto GP

Pingit Aria
15 November 2019, 11:43
Pembalap MotoGP Jorge Lorenzo memutuskan pensiun akibat cedera.
Instagram/@jorgelorenzo99
Pembalap MotoGP Jorge Lorenzo memutuskan pensiun akibat cedera.

Pembalap Jorge Lorenzo memutuskan untuk pensiun dini dari MotoGP di usia 32 tahun. GP Valencia pada akhir pekan ini akan menjadi balap terakhirnya. Sebagai perbandingan, Valentino Rossi yang berumur 40 tahun masih aktif membalap, setidaknya sampai kontraknya dengan Yamaha habis tahun depan.

Lorenzo menyatakan, keputusan untuk pensiun diambilnya setelah dilanda berbagai cedera. Padahal, ia masih menyisakan kontrak selama satu tahun di tim Repsol Honda, yang juga menaungi Marc Marquez.

Advertisement

"Sayang sekali, cedera menghampiri dan mempengaruhi karier balapan saya," ujar Lorenzo disadur dari Fox Sports Asia, Kamis (14/11).

Kecelakaan saat latihan di Sirkuit Assen, Belanda, Juni lalu membuat Lorenzo absen pada empat balapan. Pembalap Spanyol ini pun menjalani musim yang buruk.

(Baca: Sirkuit Mandalika di Lombok dan Persiapan MotoGP Indonesia 2021)

Saat ini, ia terlempar di posisi 19 papan klasemen dengan raihan 25 poin saja. Catatan itu bahkan lebih buruk dari saat ia menjalani debutnya pada 2008.

Lorenzo memulai debutnya pada kelas 125cc tahun 2002 silam. Total, ia telah membalap sebanyak 296 kali di semua kelas dan memenangi 68 sesi di antaranya. Lorenzo juga total berhasil naik podium sebanyak 152 kali.

Sepanjang kariernya, Lorenzo telah lima kali menjadi juara. Di antaranya, dua kali di kelas 250cc dan tiga kali di kelas MotoGP.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement