Rampungnya Longspan Terakhir dan Rencana Proyek LRT Tahap 2

Pingit Aria
12 November 2019, 16:40
Sejumlah kendaraan bermotor melintas dengan latar belakang pembangunan 'longspan' atau bentangan beton panjang lintasan Light Rail Transit (LRT) di Kuningan, Jakarta, Kamis (7/11/2019). Menurut situs resmi LRT Jabodebek, lintasan LRT Kuningan merupakan
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Sejumlah kendaraan bermotor melintas dengan latar belakang pembangunan 'longspan' atau bentangan beton panjang lintasan Light Rail Transit (LRT) di Kuningan, Jakarta, Kamis (7/11/2019). Menurut situs resmi LRT Jabodebek, lintasan LRT Kuningan merupakan salah satu struktur jembatan kereta api lengkung dengan struktur beton terpanjang di dunia. Sementara itu, pembangunan prasarana LRT Jabodebek sudah mencapai 66,79 persen (data terakhir Ditjen Perkeretaapian Kemenhub pada awal November 2019).

PT Adhi Karya Tbk merampungkan pengecoran terakhir jembatan lengkung kereta ringan (Light Rail Transit/LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) di persimpangan Jl HR Rasuna Said dan Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. 

Secara keseluruhan, pembangunan LRT Jabodebek tahap I telah mencapai 67,3%. "Cawang-Cibubur progresnya telah mencapai 86,2%, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 50,3%, Cawang-Bekasi Timur 60,5%," kata Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto, saat ditemui di Jakarta, Senin (11/11).

(Baca: Hingga September, Realisasi Kontrak Baru Adhi Karya Baru Capai 25%)

Jembatan lengkung yang berada di Longspan Kuningan ini mendapatkan rekor MURI sebagai jembatan kereta box beton dengan bentang terpanjang di dunia yang mencapai 148 meter. Jembatan ini juga memiliki material beton seberat 2.939,7 ton atau setara 5,2 kali berat pesawat Airbus.

Pada fase I, total longspan yang dimiliki LRT Jabodebek yaitu longspan Kali Bekasi, Longspan Dukuh Atas, Longspan Halim, Longspan Cikoko, Longspan Kuningan, Longspan Cawang, Longspan Ciliwung, Longspan JORR, serta Longspan Cililitan.

Adapun LRT tahap I ditargetkan operasional pada 2021 mendatang, meski saat ini masih ada masalah pembebasan lahan untuk depo LRT di Bekasi Timur. Harto memastikan masalah tersebut akan selesai pada akhir bulan ini. Jika tidak, dana pembebasan lahan akan dititipkan melalui konsinyasi di pengadilan.

(Baca: Bertemu Luhut, Erick Bahas Pengerjaan Proyek LRT )

Selanjutnya, Adhi Karya akan bersiap mengerjakan proyek LRT tahap 2. Harto memproyeksikan kebutuhan investasi dalam proyek lanjutan itu mencapai Rp 12 triliun.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...