Antisipasi Bencana Akibat Cuaca Ekstrem, BNPB Siapkan Rp 850 Miliar

Pingit Aria
1 November 2019, 11:03
Warga berada di depan rumahnya yang terendam banjir di Desa Gunong Pulo, Kecamatan Arongan Lam Balek, Aceh Barat, Aceh, Kamis (31/10/2019). Banjir yang disebabkan tingginya intensitas hujan sejak dua pekan terakhir menyebabkan ratusan rumah warga dan ratu
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Warga berada di depan rumahnya yang terendam banjir di Desa Gunong Pulo, Kecamatan Arongan Lam Balek, Aceh Barat, Aceh, Kamis (31/10/2019). Banjir yang disebabkan tingginya intensitas hujan sejak dua pekan terakhir menyebabkan ratusan rumah warga dan ratusan hektar perkebunan karet dan perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Arongan Lam Balek, Samatiga dan Kecamatan Woyla Timur terendam banjir.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menganggarkan dana senilai Rp 850 miliar untuk antisipasi potensi bencana. Dana tersebut merupakan Dana Siap Pakai (DSP) yang bisa digunakan untuk penanggulangan bencana, termasuk yang terjadi akibat cuaca ekstrem di seluruh Indonesia.

“Tidak hanya untuk bencana hidrometeorologi atau masa transisi musim saja, DSP ini juga berlaku untuk segala jenis bencana yang mungkin saja bisa terjadi hingga akhir tahun ini,” kata Agus Wibowo, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam keterangan resminya, Jumat (1/11).

Advertisement

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, awal musim hujan tahun ini mundur hingga baru akan terjadi pada November-Desember 2019 hingga puncaknya pada Januari-Februari tahun 2020.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca, BMKG, Miming Saepudin, M.Si dalam Konferensi Pers bersama Pakar dan Tim Intelijen di Gedung Sutopo Purwo Nugroho, Graha BNPB Jakarta, 31 Oktober 2019.

(Baca: Cuaca Ekstrem, BMKG Peringatkan Potensi Bencana pada Pergantian Musim)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement