Cerita Importir Produk Kerajinan Indonesia di Jepang

Pingit Aria
24 Agustus 2019, 09:49
Produk Kerajinan Indonesia
Kemendag

Keunikan produk kerajinan tangan Indonesia banyak diminati di Jepang. Hal ini dikemukakan Seiji Igarashi, salah satu importir dan pemasok produk-produk Indonesia.

Igarashi sekaligus merupakan pemilik dan pendiri perusahaan Bali Paradise yang berlokasi di kawasan Machida, Yokohama, Jepang. Ia telah menjalankan usahanya sebagai importir produk Indonesia selama 11 tahun.

Advertisement

"Hingga kini, produk kerajinan tangan dari Indonesia tetap diminati konsumen Jepang, baik perorangan maupun pelaku usaha seperti restoran, hotel, dan spa," kata Igarashi,  dikutip dari siaran pers Atase Perdagangan Tokyo, Sabtu (24/8).

Sejak tahun 2008, Igarashi konsisten memasok produk-produk dari Indonesia ke Jepang. Bali Paradise mengimpor sekitar satu kontainer kerajinan tangan per bulannya.

Menurutnya, produk Indonesia berkualitas baik dan harganya bersaing. “Selain itu, sifat kekeluargaan dan kehangatan masyarakat Indonesia lah yang membuat saya selalu suka untuk selalu berbisnis dengan Indonesia," lanjut Igarashi.

(Baca: Berkah Hari Raya Kurban, Omzet Perajin Besek di Daerah Melonjak)

Lebih lanjut Igarashi menjelaskan, hingga saat ini hubungan perdagangan antara Bali Paradise dengan pemasok di Indonesia berjalan lancar, tanpa kendala berarti.

Bali Paradise termasuk sebagai perusahaan golongan menengah. Perusahaan ini mendistribusikan produknya ke seluruh Jepang melalui tujuh distributor utama. Menurut Igarashi, pesaing utama produk Indonesia ialah produk furnitur kayu asal Vietnam.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement