Sony dan Disney Berselisih, Spider Man Keluar dari Marvel

Film Spider Man garapan Marvel terbukti menghasilkan banyak uang bagi Sony sebagai pemilik lisensi.
Pingit Aria
21 Agustus 2019, 18:44
Sebuah balon raksasa spiderman terlihat di atas karpet merah di sepanjang Hollywood Boulevard diluar TCL Chinese Theatre untuk penayangan perdana film Marvel Studio \"Spider-man: Far From Home\" di Los Angeles, California, Amerika Serikat, Rabu (26/6/
ANTARA FOTO/REUTERS/Danny Moloshok
Sebuah balon raksasa spiderman terlihat di atas karpet merah di sepanjang Hollywood Boulevard diluar TCL Chinese Theatre untuk penayangan perdana film Marvel Studio \"Spider-man: Far From Home\" di Los Angeles, California, Amerika Serikat, Rabu (26/6/2019).

Karakter Spider Man tak akan lagi menjadi bagian dari Marvel Cinematic Universe (MCU). Sebab, rumah produksi Sony Pictures sebagai pemilik lisensi Spider-Man tak lagi bekerja sama dengan Disney yang merupakan induk Marvel Studios.

Sony dan Disney gagal membuat kesepakatan baru soal ‘masa depan’ Spider Man. Perdebatan dua rumah produksi itu sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu hingga membuat presiden Marvel Studios Kevin Feige geram.

“Kami kecewa, tapi menghormati keputusan Disney untuk tidak lagi melibatkannya sebagai produser dalam film live action Spider Man berikutnya,” demikian pernyataan Sony Pictures melalui akun Twitternya, Rabu (21/8).

Dilansir Deadline, pangkal dari masalah antara dua rumah produksi besar ini adalah uang. Disney meminta biaya produksi film Spider-Man yang akan datang dibagi rata 50:50, namun Sony menolaknya.

Advertisement

(Baca: Rumah Produksi Gundala, Bumilangit Siapkan 8 Film Jagoan Lokal)

Kemudian, Sony yang diwakili oleh Tom Rothman dan Tony Vinciquerra memberikan penawaran lain untuk memberikan 5% dari pendapatan kotor film yang diproduksi bersama. Namun, Disney menolak tawaran tersebut.

Sejauh ini, kolaborasi Marvel dan Sony telah membuahkan dua film, yakni Spider-Man: Homecoming dan Spider-Man: Far From Home. Kedua judul tersebut menghasilkan lebih banyak uang ketimbang Skyfall, film James Bond terlaris yang lisensinya juga dimiliki oleh Sony.

Selain itu, karakter Spider Man yang dimainkan oleh Tom Holland muncul di film Captain America: Civil War, Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame.

Kabar keluarnya Spider Man dari Marvel Cinematic Universe pun mengecewakan banyak pihak. Selain fans, aktor Jeremy Renner yang memerankan Hawkeye juga berharap Spider Man kembali ke Marvel. “Hey @sonypictures, kami ingin Spider Man kembali ke @therealstanlee dan @marvel. Terima kasih,” katanya melalui Instagram.

(Baca: Saingi Marvel, Akan Ada Jagat Superhero di Film Indonesia )

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait