Bisa Ekspor Ayam ke Indonesia, Ini Gambaran Industri Peternakan Brasil

Pingit Aria
15 Agustus 2019, 16:07
Kinerja perusahaan pakan ternak kuartal I 2018 berpotensi membaik seiring turunnya harga jual bahan baku jagung
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria
Kinerja perusahaan pakan ternak kuartal I 2018 berpotensi membaik seiring turunnya harga jual bahan baku jagung

Masyarakat Brasil adalah pelahap daging sejati. Konsumsi daging ayam dan sapi per kapita di negeri samba adalah salah satu yang terbesar di dunia. Tak heran, industri peternakan di sana dikembangkan dengan begitu masif.

Begitu besarnya industri peternakan itu, Brasil tak hanya dapat mencukupi kebutuhan domestik melainkan juga dapat mengekspor daging sapi dan ayam dalam jumlah besar. Setelah kalah dalam sengketa di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Indonesia pun kini harus menerima daging impor dari Brasil.

(Baca: Kalah di WTO, Mendag Tak Punya Pilihan Menolak Impor Ayam Brasil)

"Tidak ada pilihan lain untuk kita menyesuaikan sesuai rekomendasi dari WTO," kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita usai rapat koordinasi di Kantor Kementerian Perekonomian di Jakarta, Rabu (8/8) lalu.

Lalu, bagaimana sebenarnya industri peternakan di Brasil?

Data Asosiasi Protein Hewani Brasil (ABPA), Konsumsi daging  ayam per kapita di Brasil mencapai 43,3 kilogram pada 2015. Bandingkan dengan di Indonesia yang baru mencapai 5,68 kilogram per kapita pada 2017.

Grafik:

Bagaimanapun, menurut data Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO), Brasil bisa mengekspor sepertiga dari hasil ternak ayamnya ke 150 negara di dunia. Pada 2015, nilai ekspor daging ayam Brasil mencapai US$ 7,5 miliar. Angka itu naik 11,7% per tahun selama periode 1990-2015.

Brasil adalah salah satu eksportir daging ayam terbesar di dunia selain Amerika Serikat dan Tiongkok. Data FAO, Brasil menguasai hampir 40% dari pangsa pasar daging ayam dunia. “Artinya, dari 11 kilogram daging ayam di pasar dunia, sekitar 4 kilogram berasal dari Brasil,” demikian dikutip dari riset FAO yang berjudul Contract Farming in the Brazilian Chicken Industry.

(Baca: Peternakan Unggas Terancam, Asosiasi Tolak Impor Daging Ayam Brasil)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...