Bekraf Incar Ekspor Produk Kreatif Lewat Pameran Dagang AS

Michael Reily
1 Agustus 2019, 18:42
Pekerja mengatur waktu jam tangan yang terbuat dari kayu di Cipadung, Bandung, Jawa Barat, Rabu (28/2).
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Pekerja mengatur waktu jam tangan yang terbuat dari kayu di Cipadung, Bandung, Jawa Barat, Rabu (28/2).

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bakal membawa beberapa merek produk dan jasa kreatif Indonesia untuk ikut tiga pameran dagang terbesar di Amerika Serikat (AS). Program Indonesia Creative Incorporated (ICINC) jadi akselerasi perluasan produk untuk peningkatan ekspor ekonomi kreatif.

Ketiga pameran itu adalah pameran kriya New York (NY) Now 2019 pada 10-14 Agustus 2019 serta pameran fesyen internasional Agenda Show dan Liberty Fairs pada 12-14 Agustus di Las Vegas, AS. "Kami komitmen untuk promosi produk kreatif Indonesia di seluruh dunia," kata Deputi Pemasaran Bekraf Joshua Simandjuntak dalam keterangan resmi, Kamis (1/8).

NY Now dihadiri lebih dari 25 ribu pembeli dengan sekitar 2.300 merek dagang dari berbagai negara. Sejak ikut NY Now 2017, Bekraf mencatat penjualan luar negeri untuk produk nasional sebesar Rp 11,49 miliar. Joshua menyebutkan ada 8 peserta yang ikut NY Now yaitu Djalin, Kayou, Du'Anyam, Studio Dapur, Rengganis, dan Kana Good.

(Baca: Sutradara Dua Garis Biru Jadi Mentor Penulisan Skenario Anak)

Selain itu, Bekraf juga membawa 8 merek dagang nasional ikut pameran di Las Vegas. Pot Meets Pop, Elhaus, Monstore, dan Blueville di Liberty Fairs ikut Liberty Fairs. Kemudian Annas Tribe, KoolaStuffa, Niion, dan Reinkarnasi pada Agenda Show. "Agenda Show pameran produk streetwear, Liberty Fairs untuk produk kontemporer," ujar Joshua.

Tahun lalu, Bekraf mengakomodasi beberpaa peserta untuk dapat kontrak pembelian kerja sama dengan Urban Otfitters Inc., sebuah perusahaan retail multinasional yang bergerak di bidang gaya hidup.

(Baca: Pendataan Masih Jadi Kendala Pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Daerah)

Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...