Masalah Tenaga Kerja di Balik Tumbuhnya Bisnis Perhotelan

Michael Reily
3 Juli 2019, 19:51
Airy Academy
Katadata

Bisnis perhotelan dan akomodasi tumbuh seiring berkembangnya industri pariwisata. Upaya pemerintah untuk mengembangkan daerah-daerah wisata baru berdampak positif bagi pemberdayaan masyarakat setempat. Hanya, masih ada masalah ketenagakerjaan yang harus jadi perhatian.

Hal itu diungkapkan oleh startup bidang jaringan akomodasi digital, Airy. Dalam  surveinya, Airy menyebut, 68% di antara pegawai mitranya tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang perhotelan. Lebih rinci, 5% hanya lulus Sekolah Dasar (SD), 17% SMP, 51% lulusan SMA/SMK non-pariwisata, 13% SMK pariwisata, 8% diploma, dan 6% sarjana.  

Jaringan akomodasi Airy kini mencapai lebih dari 1.000 properti yang mencakup 16 ribu kamar di 90 kota. Jumlah pegawai yang bekerja pada mitra properti tersebut mencapai 5.270 orang.

Vice President Commercial Airy Viko Gara mengungkapkan, mitra Airy kesulitan untuk dapat tenaga kerja yang sesuai kebutuhan. "Kami meluncurkan Airy Community untuk memberikan terobosan penguatan kapasitas sumber daya manusia," kata Viko dalam Katadata Forum di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (3/7).

(Baca: Teknologi Dorong Peningkatan Kualitas Bisnis Penginapan)

Airy Community telah berjalan sejak tahun 2018 yang melibatkan 594 peserta dengan lokasi pelatihan di berbagai daerah. Contohnya, Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek), Malang, Samarinda, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Tahun ini, Airy Community akan menargetkan pelatihan hingga 4 ribu orang serta implementasi di 13 kota yang berbeda. Pelatihan ini diharapkan akan membuat sumber daya manusia menjadi lebih kompetitif.

Viko juga membuka peluang untuk berkolaborasi dengan pemerintah, seperti Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Pariwisata. "Jika ada pelatihan berdasarkan kerangka yang pemerintah susun, pastinya bakal ada nilai tambah lebih besar," ujarnya.

Grafik:

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...