Jokowi: Rekonsiliasi dengan Prabowo Bisa Sambil Naik Kuda atau MRT

Jokowi pernah berkuda bersama Prabowo saat berkunjung ke kediaman Ketua Umum Partai Gerindra itu Hambalang, Bogor.
Michael Reily
14 Juni 2019, 14:16
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) menunggang kuda disela-sela pertemuan di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Senin (31/10). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahmi sekaligus membahas masalah bangs
Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) menunggang kuda disela-sela pertemuan di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Senin (31/10). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahmi sekaligus membahas masalah bangsa, politik dan ekonomi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membuka peluang rekonsiliasi dengan pesaingnya dalam Pilpres 2019, Prabowo Subianto. Menurutnya, pertemuan itu bisa dilakukan di mana saja.

"Bisa dengan naik kuda, bisa. Bisa di Yogya, bisa. Bisa naik MRT, bisa," kata Jokowi, dikutip melalui siaran pers Sekretariat Kabinet, Jumat (14/6). Jokowi menyatakan hal itu di hadapan beberapa media di Bali.

Sebelumnya, rekonsiliasi politik Jokowi-Prabowo pernah dilakukan dengan naik kuda bersama-sama di kediaman Prabowo pada Oktober 2016 lalu. Jokowi tidak menutup kemungkinan hal yang sama dilakukan kembali.

(Baca: MK Gelar Sidang Pilpres, Jokowi Minta Masyarakat Hormati Proses Hukum)

Jokowi menilai, yang penting saat ini adalah semua pihak dapat bekerja sama membangun bangsa. “Yang paling penting, kita bersama-sama bekerja sama untuk memajukan negara ini.”

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Jokowi menanggapi usulan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, agar segera dilakukan rekonsiliasi antara pasangan Capres 01, Jokowi dan K.H. Ma’ruf Amin, dengan pasangan Capres 01, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Sebelumnya saat menerima kunjungan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, di Yogyakarta, Sabtu (8/6), Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap rekonsiliasi antara calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dengan calon presiden nomor urut Prabowo Subianto segera terwujud. “Ya, semoga lah,” katanya.

(Baca: Pengamat Yakin MK Bakal Netral dalam Sidang Gugatan Prabowo-Sandiaga)

Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait