AirAsia Tambah Satu Armada untuk Hadapi Puncak Mudik Lebaran

Pesawat berkode registrasi PK-AZM ini dilengkapi dengan konektifitas WiFi.
Image title
31 Mei 2019, 20:40
AirAsia
Youtube

AirAsia Indonesia mendatangkan satu unit pesawat Airbus A320-200 berkapasitas 180 orang untuk mendukung operasional dalam menghadapi puncak mudik lebaran tahun ini. Setelah itu, pesawat ini akan mendukung konektivitas destinasi di Lombok.

Pesawat berkode registrasi PK-AZM ini dilengkapi dengan konektifitas WiFi. Sehingga, dari 25 armada yang dioperasikannya, AirAsia memiliki tiga pesawat yang dilengkapi WiFi.

AirAsia berencana untuk mendatangkan total lima pesawat hingga akhir 2019, untuk mencapai target pertumbuhan penumpang 20%. "Kami ucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan Republik Indonesia atas izin penambahan pesawat ke-25 ini," kata Direktur Utama AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan pada keterangan pers, Jumat (31/5).

(Baca: Angkasa Pura II Beri Insentif Penerbangan Tambahan Selama Lebaran 2019)

Advertisement

Ia mengatakan, maskapainya hanya mengoperasikan satu tipe pesawat, yaitu A320-200, ini karena AirAsia menerapkan prinsip single-type. Dengan begitu, AirAsia tetap bisa menawarkan harga tiket yang terjangkau.

Dengan menerapkan prinsip single-type operations, biaya yang terkait dengan lisensi dan pelatihan awak pesawat, awak kabin, staf darat, teknisi perawatan pesawat serta staf operasi juga dapat dikelola dengan lebih efisien. "Karena hanya dibutuhkan type-rating (kategori lisensi) untuk satu tipe pesawat saja," ujarnya.

Penggunaan satu tipe pesawat juga membuat proses pergantian awak pesawat menjadi lebih mudah jika ada yang berhalangan kerja. Perawatan pesawat juga menjadi lebih efisien karena suku cadang yang sama dapat digunakan untuk semua armada sejenis.

Sebelumnya, AirAsia meresmikan pusat operasi (hub) baru di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Peresmian pusat operasi ini merupakan upaya AirAsia mendukung inisiatif pemerintah dan Kementerian Pariwisata untuk menjadikan Lombok sebagai salah satu dari 10 'Bali Baru'.

(Baca: Soroti Garuda dan Lion Air, YLKI: Duopoli Merusak Iklim Penerbangan)

AirAsia juga meluncurkan livery pesawat atau desain yang dibuat unutk mempromosikan pariwsata Lombok. Adapun, desain tersebut menampilkan ikon-ikon pariwista lokak, seperti Gunung Rinjani dan pesona bawah laut Kepulan Gili.

Rute penerbangan langsung terbaru AirAsia dari Bandara Internasional Zainudin Abdul Madjid, Lombok menuju Perth, Australia, Rute baru ini akan dimulai pada 9 Juni 2019. Selain itu, beberapa rute domestik yang rencananya akan segera beroperasi yaitu penerbangan menuju Jakarta, Yogyakarta, dan Bali.

Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait