Pemilu Usai, Sejumlah Investor Bersiap Masuk RI

Rizky Alika
29 Mei 2019, 12:50
Kawasan Industri
Arief Kamaluddin | Katadata

Berakhirnya penyelenggaraan pemilu membuat sejumlah investor asing menyatakan komitmen untuk masuk ke Indonesia. “Banyak investasi yang mau masuk ke dalam negeri,” kata Deputi Kerjasama Penanaman Modal BKPM Wisnu Wijaya Soedibjo kepada katadata.co.id, Selasa (29/5).

Adapun, investasi yang akan masuk meliputi perluasan smelter nikel di Morowali dan Konawe, smelter besi (special steel), serta kereta api cepat Tiongkok. Selain itu, ada pula proyek properti seperti kota industri.

Advertisement

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani mengatakan, sejumlah perusahaan memang tertarik untuk investasi ke Indonesia. Salah satu contohnya, perusahaan manufaktur asal Taiwan, Pegatron akan masuk ke tanah air lantaran adanya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

“Pegatron kerja sama sama dengan mitra lokal untuk membuat Apple device di Batam,” ujarnya.

(Baca: Pemerintah Bidik Investasi Jepang di Sektor Industri Baja dan Kimia)

Namun di tengah tren relokasi investasi, Shinta menilai Indonesia masih kurang menarik dibandingkan negara tetangga, seperti Kamboja, Vietnam, dan Thailand.

Saat ini, lanjut Shinta, banyak perusahaan menggunakan skema investasi China+1. Artinya, selain melakukan investasi di Tiongkok, perusahaan juga melakukan investasi di negara sekitarnya yang dekat dengan rantai pasok regional, tenaga kerja yang relatif murah, dan belanja pemerintah yang besar untuk menarik investasi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement