Atasi Defisit Neraca Dagang, Jokowi Ajak Pengusaha Dorong Ekspor

Dimas Jarot Bayu
27 Mei 2019, 07:33
jokowi
Katadata | Arief Kamaludin

Presiden Joko Widodo mengajak para pengusaha ikut membantu pemerintah mendorong peningkatan ekspor dan investasi. Hal tersebut dilakukan untuk mengatasi defisit neraca perdagangan Indonesia saat ini.

Jokowi mengatakan, defisit neraca dagang telah menjadi masalah yang lama dialami Indonesia. "Problem besar yang kita hadapi dalam berpuluh tahun dan belum terpecahkan sejak lama adalah neraca transaksi berjalan yang selalu defisit," kata Jokowi di depan para pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Minggu (26/5).

Advertisement

Menurut Jokowi, pemerintah sebenarnya telah mengetahui akar masalah tersebut. Hanya saja, masalah defisit neraca dagang belum juga dapat diatasi.

(Baca: IHSG Diprediksi Menguat di Tengah Panasnya Kondisi Politik)

Karenanya, Jokowi meminta bantuan dari para pengusaha untuk dapat mengatasi persoalan tersebut. Menurut Jokowi, para pengusaha dapat membantu pemerintah dengan mendorong ekspor dan investasi.

Jokowi menilai peningkatan ekspor dan investasi merupakan dua kunci utama Indonesia terbebas dari masalah defisit neraca dagang. "Saya ajak kepada seluruh rekan di Hipmi (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) agar dua hal kunci tadi bisa dikerjakan," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengajak para pengusaha untuk dapat mendorong pusat ekonomi di berbagai daerah. Hal itu dilakukan untuk menumbuhkan ekonomi daerah seiring dibangunnya berbagai infrastruktur oleh pemerintah.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement