Polri Minta Kominfo Tingkatkan Koneksi Internet di Jalur Mudik

Pada jalur mudik antara Lampung hingga Palembang masih ada wilayah-wilayah yang tak terjangkau sinyal telekomunikasi.
Image title
20 Mei 2019, 20:03
Tol Trans Sumatera yang akan menghubungkan Aceh hingga Lampung sepanjang 2.765 km ditargetkan tuntas pada 2024. PT Hutama Karya (Persero) menyebutkan, di sepanjang koridor Trans Sumatera ini juga akan dibangun kawasan industri dan kawasan wisata yang teri
KATADATA/HARI WIDOWATI
Tol Trans Sumatera yang akan menghubungkan Aceh hingga Lampung sepanjang 2.765 km ditargetkan tuntas pada 2024. PT Hutama Karya (Persero) menyebutkan, di sepanjang koridor Trans Sumatera ini juga akan dibangun kawasan industri dan kawasan wisata yang terintegrasi.

Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri Kombes Pol Benjamin mengimbau Kementerian Komunikasi dan Infromatika (Kominfo) untuk meningkatkan jaringan telepon dan internet pada jalur mudik 2019. Menurutnya, hingga saat ini masih ada dearah yang dilalui arus mudik tapi tidak tersentuh sinyal telekomunikasi atau blank spot.

Benjamin menyatakan, sinyal telekomunikasi merupakan hal penting bagi pemudik, terutama untuk mencari informasi atau meminta bantuan jika terjadi kecelakaan. "Kami mengimbau agar Kominfo menggerakan berbagai provider supaya ada koneksi," ujarnya, di Jakarta, Senin (20/5).

Adapun daerah yang masih blank spot di jalur Sumatera, seperti beberapa titik antara Lampung hingga Palembang. Meski daerah tersebut jumlah pemudiknya tidak sepadat Pulau Jawa, namun jaringan telepon merupakan suatu kebutuhan.

(Baca: Diskon Tarif Tol Saat Mudik Tak Berlaku Serentak)

Advertisement

Di pihak lain, Hutama Karya memastikan arus mudik dan balik di jalan Tol Trans Sumatera akan berjalan lancar. Kepala Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan 12 tempat istirahat (rest area) dengan fasilitas berupa musala, toilet, dan SPBU modular dari Bakauheni hingga Kayu Agung.

Selain itu, beberapa titik top up uang elektronik telah disiapkan karena ruas Bakauheni – Terbanggi Besar tidak melayani transaksi tunai. Hutama Karya juga telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat terkait rencana rekayasa arus lalu lintas.

Adapun terdapat lima ruas tol yang difungsikan pada mudik lebaran tahun ini, yakni ruas Kayu Agung-Palembang-Betung memiliki panjang 33,5 kilometer, berlaku satu jalur. Lalu, Terbanggi Besar-Pematang Panggang memiliki panjang 112,2 kilometer, dengan dua jalur.

(Baca: Tol Pandaan–Malang, Kunci Efektif Atasi Kemacetan Mudik dari Surabaya)

Selain itu, Pematang Panggang-Kayu Agung dengan panjang jalan 77 kilometer, dengan satu jalur. Pandaan-Malang seksi 1-4 (Pandaan-Pakis) panjang jalan 35,35 kilometer, dengan dua jalur.  Kemudian, Manado-Bitung panjangnya 16,9 kilometer, dengan satu jalur.

Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait