Diskon Tarif Tol Saat Mudik Tak Berlaku Serentak

Image title
20 Mei 2019, 17:06
Jalan tol Manado-Bitung sepanjang 39,9 kilometer akan memangkas biaya logistik produk ekspor di Sulawesi Utara.
KEMENTERIAN PUPR
Jalan tol Manado-Bitung sepanjang 39,9 kilometer akan memangkas biaya logistik produk ekspor di Sulawesi Utara.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyatakan, diskon tarif tol yang berlaku saat mudik lebaran tahun ini tidak akan berlaku secara serentak. Sebab, masing-masing Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) akan menentukan sendiri tarif dan waktu berlakunya diskon tersebut.

Anggota BPJT Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Agita Widjajanto menjelaskan, pembelakukan diskon tarif tol serentak akan menyebabkan kepadatan. Namun, ia belum memastikan waktu dan tarif diskon yang akan berlaku dari masing-masing BUJT.

"Tapi ini masih pembahasan dari BUJT masing-masing. Supaya nanti tidak tumplek semuanya di puncak, nanti jadi macet," ujarnya, saat ditemui di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Senin (20/5).

Selain pemberlakuan diskon, ada lima ruas tol yang masih digratiskan. Tol tersebut yaitu Kayu Agung-Palembang-Betung (segmen Kayu Agung-Jakabaring), Terbanggu Besar-Pematang Panggang, Pematang Panggang-Kayu Agung, Pandaan-Malang seksi 1-4 (Pandaan Pakis), Manado Bitung (SS Airmadidi-Akses Manembo-Nembo).

(Baca: Tol Pandaan–Malang, Kunci Efektif Atasi Kemacetan Mudik dari Surabaya)

Agita menjelaskan, kelima jalan tol tersebut baru dibuka secara fungsional. Sebab, kelimanya belum memiliki kelengkapan rambu-rambu, dan kondisi jalan yang tidak mulus yang bisa membahayakan pengendara. Maka, pemudik pun hanya dibatasi untuk melintas pada waktu tertentu. "Fungsional itu artinya belum selesai 100% jadi belum ada sertifikat layak operasi," ujarnya.

Untuk ruas Kayu Agung-Palembang-Betung memiliki panjang 33,5 kilometer, berlaku satu jalur. Ruas ini difungsionalkan dengan penyesuaian kondisi lapangan. Lalu, Terbanggi Besar-Pematang Panggang memiliki panjang 112,2 kilometer, dengan dua jalur. Ruas ini bisa beroperasi selama 24 jam penuh.

Selain itu, Pematang Panggang-Kayu Agung dengan panjang jalan 77 kilometer, dengan satu jalur. Beroperasi selama 12, yakni 06.00-18.00 WIB. Pandaan-Malang seksi 1-4 (Pandaan-Pakis) panjang jalan 35,35 kilometer, dengan dua jalur. Kemudian, Manado-Bitung panjangnya 16,9 kilometer, dengan satu jalur. Beroperasi mulai 29 Mei-11 Juni 2019 pukul 07.00-17.00 WIB.

(Baca: Pemudik Lewat Tol Trans Jawa Diprediksi Melonjak, Kemenhub Beri Solusi)

Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait