Pesta Demokrasi, Hari Ini Indonesia Gelar Pemilu Serentak

Pingit Aria
17 April 2019, 07:30
Petugas PPSU dan PPK tengah menditribusikan manyface logistik Pemilu 2019 di Kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat (16/4).
Petugas PPSU dan PPK tengah menditribusikan manyface logistik Pemilu 2019 di Kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat (16/4).

Indonesia akan mengukir sejarah dengan melaksanakan pemilihan umum (Pemilu) serentak pada Rabu 17 April 2019. Warga yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan memilih calon presiden dan calon wakil presiden serta calon anggota legislatif secara bersamaan.

Pemerintah pun telah menetapkan hari ini sebagai libur nasional. “Apabila pada hari dan tanggal pemungutan suara tersebut pekerja/buruh harus bekerja, maka pengusaha mengatur waktu kerja agar pekerja/buruh tetap dapat menggunakan hak pilihnya," dikutip dari surat edaran Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri.

Advertisement

Pada Pemilu sebelumnya yang digelar setelah reformasi, yakni 2004, 2009 dan 2014, pemilihan anggota legislatif selalu digelar lebih dulu. Kemudian, pemilihan presiden (Pilpres) dan wakil presiden diadakan dua bulan setelahnya.

(Baca juga: Beda dengan Prabowo, Jokowi Akan Tidur Usai Mencoblos)

Pada penyelenggaraan Pemilu 2019, masyarakat akan menggunakan lima jenis surat suara, yakni untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Dalam Pemilu 2019, jumlah DPT hasil rekapitulasi KPU sebanyak 192.866.254 orang. Angka tersebut merupakan total dari 190.770.329 pemilih dalam negeri dan 2.058.191 pemilih luar negeri.

Ini merupakan rekapitulasi DPT hasil perbaikan ketiga yang dilakukan oleh KPU. Dalam DPT hasil perbaikan ketiga ini, KPU juga memutuskan penambahan tempat pemungutan suara (TPS) menjadi 809.699 TPS.

Terkait peserta Pemilu, ada dua pasang calon presiden dan calon wakil presiden yang mengikuti pemilihan presiden 2019. Mereka adalah pasangan nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement