Hari Teater Sedunia, Taman Budaya Yogyakarta Gelar Sayembara

Michael Reily
27 Maret 2019, 11:39
Pertunjukan Teater
Taman Budaya Yogyakarta
Poster pertunjukan teater Hanoman Ramandayapati di Taman Budaya Yogyakarta.

Tahukah Anda jika 27 Maret diperingati sebagai Hari Teater Sedunia? World Theatre Day diinisiasi oleh International Theatre Institute (ITT) pada 1961, lalu diadopsi oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Budaya PBB (UNESCO). Salah satu tujuannya adalah menyadarkan orang tentang nilai penting teater.

Di Indonesia, Taman Budaya Yogyakarta menggelar sayembara penulisan naskah teater berhadiah total Rp 50 juta. Peserta sayembara bisa mengirimkan karyanya sampai 21 Agustus 2019.

Taman Budaya Yogyakarta mengungkapkan tujuan sayembara untuk mengembangkan ide, estetika, dan teknik penulisan lakon teater. Selain itu, Yogyakarta juga ingin edukasi semangat penulis untuk jadi standar dunia literasi.

Sayembara juga bisa jadi peningkatan konstelasi naskah peran sandiwara secara kuantitatif. "Kami ingin memberikan ruang ekspresi kepada para penulis lakon di Yogyakarta, terutama para penulis muda," tertulis dalam laman resmi Taman Budaya Yogyakarta, dikutip Rabu (27/3).

(Baca: Sebelas Brand Alat Musik Lokal Ikut Pameran Terbesar di Eropa)

Meski sayembara dibuka untuk Warga Negara Indonesia secara umum, peserta yang ikut harus memiliki Kartu Tanda Penduduk asli Yogyakarta. Tema naskahnya bebas, tetapi tidak boleh menyinggung sentimen suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...