Masalah Lingkungan Hidup Masih Jadi Isu Pinggiran dalam Pemilu

Dimas Jarot Bayu
21 Maret 2019, 13:34
Simulasi Pemilu 2019
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Pekerja lepas melipat surat suara di gudang Komisi Pemilihan Umum, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/3). Pagu anggaran yang disiapkan KPU adalah Rp948,1 miliar Nilai kontrak untuk produksi kotak suara KPU mengeluarkan Rp284,1 miliar sehingga, penghematan anggaran mencapai Rp663,9 miliar atau sekitar 70,03 persen.

Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) menilai isu lingkungan hidup hingga saat ini masih menjadi isu pinggiran dalam Pemilu 2019. Meski sudah ada debat bertemakan lingkungan hidup, isu tersebut hanya dibahas di permukaan.

Koordinator Desk Politik Walhi Khalisah Khalid mengatakan, isu lingkungan hidup masih belum dibahas secara komprehensif oleh para peserta Pemilu 2019. Padahal, Walhi menilai isu tersebut cukup penting karena berkaitan dengan berbagai sektor lainnya.

Advertisement

Apalagi, bencana ekologis masih kerap terjadi di Indonesia. Isu lingkungan hidup perlu dibahas agar ada solusi mengatasi bencana ekologis yang terjadi. "Suara penyelamatan lingkungan hidup belum jadi prioritas," kata Khalisah di Jakarta, Kamis (21/3).

Menurut Khalisah, isu yang ramai diperbincangkan oleh peserta Pemilu 2019 hanya berpusat pada masalah ekonomi. Isu ekonomi itu pun masih yang berorientasi pada korporasi.

(Baca: Pemilih yang Tak Masuk DPT Bisa Gunakan E-KTP untuk Mencoblos)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement