Dukung Pemulihan Bencana, Didiet Maulana Pamerkan Tenun Donggala

Michael Reily
13 Maret 2019, 16:45
Pembuat Kain Tenun
Dini Hariyanti|Katadata
Seorang perempuan sedang mendemonstrasikan proses membuat kain tenun. Aktivtas ini berlangsung bersamaan dengan Wallacea Week 2018, di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta.

Perancang busana, Didiet Maulana, bakal mempersembahkan karya berbahan tenun Donggala, Sulawesi Tengah dalam Pameran Adiwastra Nusantara 2019. Langkah ini diambilnya untuk mendukung pemulihan bencana di Donggala yang tahun lalu dilanda gempa.

"Kebetulan, Didiet Maulana sudah merencanakan pagelaran tenun di sana, sebelum adanya bencana," kata Ketua Panitia Adiwastra Nusantara 2019, Yantie Airlangga di Jakarta, Rabu (13/3).

Advertisement

Dia menjelaskan, dengan pemasaran produknya, Didiet yang juga pemilik Ikat Indonesia itu ingin memberikan kesempatan kepada masyarakat Donggala untuk pulih dari bencana. Sehingga, warisan nusantara tenun asal Donggala bisa berkembang.

Apalagi, tenun Donggala merupakan salah satu produk yang memiliki nilai jual tinggi. "Kami ingin hasil karya Donggala juga bisa diangkat kembali," ujar Yantie.

(Baca: Pameran Batik dan Tenun Adat Adiwastra Bidik Transaksi Rp 50 Miliar)

Selain rancangan busana Didiet, Adiwastra Nusantara bakal memamerkan karya perancang busana lainnya. Wignyo Rahadi bakal mengangkat kain songket Sambas, Novita Yunus dari Batik Chick dengan batik kreasi baru, serta Miss Mysa dari Roemah Kebaya Vielga.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement