Singgung Gaji, Rudiantara Minta ASN Tetap Netral Saat Pemilu

Desy Setyowati
1 Februari 2019, 13:31
Rudiantara
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Menkominfo Rudiantara

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara sempat menjadi bahan perbincangan lantaran pernyataannya pada salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) di kementeriannya yang memilih pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Kejadian itu bermula pada Kamis (31/1) saat Rudiantara meminta ratusan pegawai memilih desain sosialisasi Pemilu 2019 yang akan ditempel di lingkungan Gedung Kominfo. Ada dua desain stiker, yang pertama berwarna dasar merah, dan yang kedua berwarna dominan putih.

"Preferensi teman-teman memilih nomor satu atau nomor dua?" tanya Rudiantara dalam acara Kominfo Next yang digelar di Hall Basket Senayan, Jakarta tersebut.

Pertanyaan itu pun memicu sorak sorai pegawai Kominfo. Menyadari keriuhan yang tak biasa, Rudiantara pun mengklarifikasi bahwa voting itu tak berkaitan dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

(Baca: Selisih Suara di Bawah 30%, Jokowi Belum Pasti Menang di Pilpres 2019)

Rudiantara kemudian memilih perwakilan pemilih desain nomor 2 untuk menjelaskan pilihannya. Namun pegawai perempuan tersebut justru menjawab dengan menjelaskan alasannya memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2. Kemudian, terlontarlah pertanyaan “Yang gaji Ibu siapa?”

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...