Kadin Nilai Investasi Melambat karena Hambatan Perizinan

Dimas Jarot Bayu
31 Januari 2019, 16:08
Kadin
Arief Kamaludin|KATADATA

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan perlambatan investasi terjadi karena banyaknya hambatan dalam perizinan. Salah satunya karena masih banyak regulasi yang tidak konsisten, terutama di antara pemerintah pusat dan daerah.

"Jadi dalam perjalanan, banyak kebijakan yang bisa mereduksi pertumbuhan mereka," kata Ketua Kadin Indonesia Rosan Roeslani di Menara Kadin, Jakarta, Kamis (31/1).

Rosan juga menilai masih banyak regulasi yang belum transparan. Meski sudah ada sistem berbasis elektronik seperti Online Single Submission (OSS), namun hal tersebut belum optimal.

Kondisi ini lantas membuat proses perizinan menjadi tidak terukur dan menimbulkan ketidakpastian, baik dari segi biaya maupun waaktu. "Menurut saya itu semua harus terukur. Perizinan harus terukur berapa lama, karena pengusaha, they dont like surprises," kata Rosan.

(Baca: Cerita Jusuf Kalla Soal Ketegangan Ketika Menaikkan Harga BBM)

Di luar faktor perizinan, Rosan juga menilai angka upah bagi tenaga kerja di Indonesia terlalu tinggi bagi pengusaha. Bahkan, kata Rosan, angka upah di Indonesia menjadi salah satu yang tertinggi di dunia.

Sementara, tenaga kerja di Indonesia masih belum produktif. Ini lantaran jam kerja di Indonesia lebih sedikit dibandingkan negara lainnya di Asia Tenggara. "Rumusannya kita itu dianggap sebagai salah satu faktor yang membuat tidak atraktif," kata Rosan.

Karenanya, Rosan meminta pemerintah untuk segera melakukan perbaikan terkait regulasi perizinan. Dia juga berharap tak ada benturan kepentingan dalam pembentukan suatu regulasi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...