Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki Jadi Moderator Debat Capres Sesi Kedua

Pemilihan Tommy dan Anisha sebagai moderator sudah didiskusikan dengan kedua tim sukses pasangan calon, yakni Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga.
Dimas Jarot Bayu
25 Januari 2019, 19:03
Debat Capres I 2019
Arief Kamaludin | Katadata
Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengizinkan masing-masing pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) membawa 100 orang pendukungnya ke dalam ruang debat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memilih Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki sebagai moderator debat kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Debat kedua Pilpres 2019 rencananya akan diselenggarakan pada 17 Februari 2019. Debat antarcalon presiden ini akan mengusung tema energi dan pangan, SDA dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

"Kami tetap akan menggunakan pola dua moderator, Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki," kata Ketua KPU Arief Budiman di kantornya, Jakarta, Jumat (25/1).

Tommy sebelumnya pernah menjadi jurnalis di Metro TV, Bloomberg TV, MNC World News, dan RCTI. Saat ini, dia menjadi menjadi jurnalis di iNews TV. Tommy juga tercatat pernah menjadi moderator debat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018

(Baca: Debat Perdana Pilpres 2019 Dinilai Antiklimaks)

Advertisement

Sementara, Anisha merupakan jurnalis iNews TV sejak 2017. Anisha juga pernah menjadi moderator debat Pilgub Nusa Tenggara Timur (NTT), Pemilihan Bupati (Pilbup) Morowali, Pilgub Jawa Barat, dan Pilgub Jawa Timur 2018.

Arief mengatakan, keputusan memilih Tommy dan Anisha sebagai moderator sudah didiskusikan oleh tim sukses dari kedua pasangan calon, yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Kedua timses telah sepakat dengan pemilihan Tommy dan Anisha sebagai moderator.

Meski demikian, KPU akan terlebih dulu menghubungi Tommy dan Anisha untuk meminta persetujuan mereka memoderatori debat kedua Pilpres 2019. "Kalau bersedia, maka jalan. Kalau tidak bersedia, maka batal," kata Arief.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Priyo Budi Santoso mengatakan, nama Tommy dan Anisha sebagai moderator merupakan pengajuan dari stasiun televisi yang menyelenggarakan debat, yakni  RCTI, GTV, MNC TV, dan iNews TV. Priyo mengaku cukup senang dengan dipilihnya kedua moderator tersebut.

(Baca: Debat Pilpres Pertama Jokowi Tampil Paling Baik)

Sebab, keduanya sudah berpengalaman dalam memoderatori debat di sejumlah Pilkada 2018. "Kami ikut menelusuri siapa mereka ini, wah ternyata kami tadi agak gembira," kata Priyo.

Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Aria Bima sepakat dengan dipilihnya Tommy dan Anisha sebagai moderator. Menurut Aria, TKN sejak awal tidak mengajukan nama moderator dan akan bersepakat dengan siapa pun yang ditentukan oleh KPU.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait